Hari Pertama Training MTCRE

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan

Hallo teman teman, gimana kabarnya nih? semoga baik baik saja ya. Pada kesempatan ini saya akan sharing pengalaman saya saat mengikuti kegiatan Training MTRCE yang diadakan di BLC Telkom Klaten. Bagaimana Teman teman pasti penasaran kan? yuk terus simak postingan ini.
1. Pengertian
Kegiatan training merupakan sebuiah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang bidang tertentu.

2. Latar Belakang
Setiap tahun lulusan dibidang ilmu komputer dan jaringan semakin banyak, maka kita harus mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia industri kelak ketika kita lulus, nah salah satu yang menjadi point plus adalah memiliki sertivikat.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika kita mengkuti kegitan training ini adalah pengetahuan kita akan semakin meningkat.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang mikrotik.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
Kabel UTP
RouterBoard Mikrotik 

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari

D. Pembahasan

Training mikrotik MTCRE ini dimulai pada hari munggu kurang lebih jam 9 pagi. Hal yang pertama kami lakkukan yaitu berkumpul sesuai dengan kelompoknya masing masing dan melakukan konfigurasi mengenai topologi yang sudah ditugaskan oleh pak ziad. Pada MTCRE terdapat beberapa modul yang harus dikuasai antara lain:

Modul 1 Static Route
Modul 2 Point to Point Adderessing
Modul 3 VPN
Modul 4 OSPF

Anda bisa download Outline MTCRE Disini

Setelah melakukan berkumpul dengan kolompok masing masing kemudian kami mengerjakan topologi static route yang diberikan oleh pak ziad. Sebenarnya materi routing static sudah diberikan pada materi MTCNA akan tetapi pada materi MTCRE "advance static route" seperti menentukan gateway yang terbaik saat mengirim packet, Routing mark, Routing policy, dan recursive next hop.

Setelah Advance Static Route selesai, materi yang diajarkan selanjutnya adalah Routing Dynamic Ospf. Perlu menjadi catatan bahwa routing ospf berada pada lingkup IGP (Interior Gateway Protokol) dan terdapat pada Link-State Routing Protokol.


Catatan untuk materi Ospf akan saya bahas pada postingan selanjutnya.


E. Temuan Masalah
-

F. Kesimpulan dan Harapan

Kesimpulan pada hari ini yaitu saya mendapatkan materi yang lebih mengenai static route. Pada awalnya saya kira Static Route hanya itu itu saja tetapi terdapat aturan aturan yang lebih spesifik.

G. Referensi
Pak Ziad Sobri


Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments