Mengenal Aplikasi Trello

Asalamualaikum wr.wb

 

A. Pendahuluan.

Hallo guys come back with me, widih sekali kali opening pake bahasa inggris. sebelumnya saya mengucapkan terima kasih karena telah berkunjung ke blog saya. Disini saya akan menulis artikel tentang aplikasi Trello, Gimana penasaran kan? yuk kita baca artikel ini sampai selesai !!!

1. Pengertian.

Trello adalah aplikasi yang digunakan untuk menyelesaikan sebuah project secara bersama sama. Aplikasi Trello memberi tahu apa yang sedang anda kerjakan, siapa saja yang mengerjakan dan dimana proses pekerjaan project tersebut.

2. Latar Belakang.

Dalam mengerjakan suatu pekerjaan atau project, harus menggunakan prinsip management project.

3. Manfaat dan Tujuan.

Dengan mengenal aplikasi Trello, tentunya kita akan mendapatkan manfaatnya salah satunya yaitu akan memudahkan penyelesaian project project yang telah direncanakan.

4. Hasil Yang Diharapkan.

Setelah mengenal aplikasi Trello diharapkan kedepannya akan lebih efisien dan efektif dalam penyelesaian project project yang kita rencanakan.

B. Alat dan Bahan

Laptop
Charger laptop
Terminal
konektifitas internet.

C. Waktu pelaksanaan.

 - 2 Jam 

D. Pembahasan.

 

 1.1 Sejarah

Sebelum melangkah jauh tentang Trello perlu diketahui tentang asal muasal atau sejarah aplikasi Trello. Trello diciptakan oleh Fog Creek,  pada tahun 2011 dan dirilis pada acara TechCrunch. Majalah wired menyebutkan aplikasi tersebut pada tahun 2011 sebagai 7 Start Up paling keren yang belum pernah anda dengar. Pada tahun 2015 trello membuat atau meluncurkan integrasi dengan pihak ketiga seperti Slack,GitHub, dan Salesforce. untuk para penggunanya. Kemudian pada Mei Tahun 2016, Trello mengklaim telah memiliki lebih dari 1,1 Juta pengguna aktif harian dan 14 juta total pendaftar. Pada bulan Desember 2018 trello mengumumkan akuisisi butler, perusahaan yang mengembangkan power-up untuk mengotomatisasi tugas tugas dalam trello. 

1.2 Fitur

 Didalam aplikasi Trello terdapat berbagai fitur, berikut ini akan dijelaskan fitur-fitur yang ada pada Aplikasi Trello.

1. Organisasi grup
Didalam fitur ini anda dapat membuat group atau membuat sebuah tim, tim tersebut dapat diatur sebagai grup privat atau publik. Organisasi Grup memudahkan pencapaian target atau goals project.

2. Board
Didalam board, pengguna dapat mengalokasikan board sebagai papan tulis besar yang biasanya berisi tahapan tahapan penyelesaian dalam project. satu board dapat digunakan sebagai satu project, nah didalam board ini dapat dilakukan penambahan atau pengurangan panel atau card didalam board tersebut.

3. Card
Card dapat diartikan sebagai to do list didalam trello, dalam card anda atau pengguna dapat melakukan kegiatan berikut :

  • Menambahkan komentar dan mention terhadap rekan kerja anda.
  • mengunggah berbagai macam file termasuk tesk dan gambar
  • mengatur deadline pekerjaan
  • menambahkan label
  • menambahkan checklist dan member yang terlibat
  • menyimpan arsip.  

1.3 Penggunaan

Trello dapat digunakan sebagai media penyelesaian project. Trello menyediakan fitur fitur yang dapat memudahkan pengguna menuliskan langkah langkah penyelesaian project, di aplikasi trelo juga berfungsi sebagai media pemantauan keaktifan terhadap angota atau karyawan dalam project yang telah ia ikuti.

1.4 Kelebihan

Aplikasi trello memiliki kelebihan sebagai berikut:
  • Bersifat real time.
  • Apabila anda melakukan perubahan, maka rekan kerja dapat mengetahui dan mendapatkan notifikasi.
  • Trello dapat diakses melalui Android dan iphone

E. Temuan Masalah. 

-

F. Kesimpulan dan Harapan.

Kesimpulan dari artikel yang saya tulis kali ini yaitu, Trello sangat bermanfaat bagi pengguna, karena didalam aplikasi trello terdapat fitur fitur yang membuat pengguna lebih mudah menyelesaikan projectnya. Dan harapan penulis yaitu semoga apa yang saya tuliskan diblog saya dapat bermanfaat bagi pembaca.

G. Reverensi. 

  • https://www.kaskus.co.id/thread/571da73b5c779882378b4569/review-aplikasi-mobile-trello-quotbekerja-dan-berkolaborasi-dengan-trello/

  • https://en.wikipedia.org/wiki/Trello

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments