Macam Macam Setting Mode Network Pada Virtualbox

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman kembali lagi diblog saya! gimana kabarnya hari ini teman teman? semoga dalam keadaan baik baik saja ya. Pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah artikel mengenai macam macam mode network pada VirtuallBox. Pasti teman teman pernah menggunakan VirtualBox kan?


1. Pengertian
Virtual box merupakan sebuah mesin virtualisasi yang dapat digunakan untuk menginstal sebuah operating sistem tambahan didalam operating sistem utama. Didalam virtual box terdapat beberapa mode jaringan yang dapat menghubungkan guest (Os yang ada di Virtuall box) dengan host (Laptop / Pc)

2. Latar Belakang
Setelah kita menginstall Os di Virtuall Box bukan berarti Os itu menjadi sebuah sistem yang hidup sendirian seperti pajangan saja. Tetapi Os tersebut dapat berjalan layaknya sebuah komputer biasa dengan menggunaan mode network.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat dari materi ini adalah kita bisa menggunakan 2 Operating system yang saling terhubung

4. Hasil Yang Diharapkan
Paham mengenai Mode Mode Network yang ada pada jaringan.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
VirtuallBox

C. Waktu pelaksanaan
10 Menit

D. Pembahasan

Berikut ini adalah mode mode network yang ada pada Virtuall Box

1. NAT
NAT merupakan settingan network default pada VirtuallBox. mode NAT memungkinkan komputer utama (Host) dapat berbagi jaringan internet dengan komputer guest (Komputer Virtualisasi) apabila menggunakan mode NAT komputer guest dapat terhubung dengan internet menggunakan ip komputer Host.

Pada settingan network NAT komputer guest dapat melakukan konektifitas Ping terhadap komputer Host tetapi tidak sebaliknya, dimana komputer Host tidak bisa melakukan ping ke komputer guest. Jika anda menginginkan komputer guest anda dapat terkoneksi ke internet maka menggunakan mode Nat.

2. Bridge Adapter
Mode Bridge Adapter akan membuat komputer guest dan host dianggap sebagai dua komputer yang berbeda yang terhubung secara fisik ke jaringan yang sama. Kompter guest tidak lagi dianggap sebagai kompter virtual melainkan dianggap komputer host. Agar saling terhubung IP komputer host dan IP komputer guest harus saling terhubung. Penggunaan mode bridge ini ada syaratnya, yaitu komputer host harus terhubung ke internet.

3. Internal Network
Mode jaringan Internal Network akan membuat guest hanya bisa terhubung atau terkoneksi dengan jaringan dalam lingkup virtuall. Artinya hanya dapat berkoneksi dengan sesama guest.

4. Host-only Adapter
Mode Host-only adapter dapat menghubungkan guest dengan komputer host seolah olah terhubung melalui jaringan, (kalo begitu sama dong dengan Bridge Adapter?) Ya jelas beda karena jika mode ini komputer host tidak perlu terhubung ke jaringan untuk saling terhubung.


E. Temuan Masalah

 -

F. Kesimpulan dan Harapan 
Kesimpulan pada postingan ini adalah, komputer virtuall (guest) tidak hanya sebatas pajangan saja selepas di install. Melainkan dapat dilakukan layaknya komputer host jika kita paham mode network yang harus digunakan. Dan yang terakhir harapan dari penulis, semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi para pembaca


G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/VirtualBox
https://meretas.com/setting-mode-jaringan-pada-virtualbox/

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments