Install Ulang RouterBoard Mikrotik |Netinstall|

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman... apa kabarnya? semoga kalian baik baik saja ya. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang sudah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan ini saya akan membagikan cara install ulang RouterBoard Mikrotik atau biasa disebut dengan Netinstall. Bagi kalian yang belum mengerti pasti bertanya tanya, Apakah Router bisa diinstall ulang? jawabannya bisa. Penasaran kan? Yuk simak bersama sama.
1. Pengertian
Netinstall merupakan suatu program yang digunakan untuk melakukan format ulang atau melakukan install ulang pada produk produk mikrotik. Netinstall ini dapat dianalogikan seperti melakukan Flash pada hp.

2. Latar Belakang
Latar belakang dilakukannya netinstall ini adalah ketika perangkat atau RouterBoard mikrotik kita mengalami masalah dan tidak bisa menjalankan servicenya.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika melakukan Netinstall adalah RouterBoard atau perangkat kita menjadi normal jika sebelumnya terdapat masalah atau problem.

4. Hasil Yang Diharapkan
Bisa mengatasi RouterBoard Mikrotik error menggunakan cara Netinstall.

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • RouterBoard Mikrotik. saya menggunakan (RB941-2nD-TC)
  • Satu buah kabel UTP
  • Software Aplikasi Netinstall (silahkan download disini)
  • File software Router sesuai dengan jenisnya (silahkan download disini)

C. Waktu pelaksanaan
20 Menit

D. Pembahasan
Untuk memulai dan melakukan Netinstall pastikan anda sudah punya bahannya yaitu program yang menjalankan netinstall dan sebuah file paket router. Seperti gambar dibawah ini :
 anda dapat mendownloadnya pada link diatas.

jika persiapan dirasa cukup mari kita melakukan konfigurasinya:

1. Hubungkan RouterBoard dengan laptop menggunakan kabel Utp (Pastikan menggunakan Interfaces Ethernet 1, karena Netinstall hanya akan berjalan jika menggunakan Ether 1) Kemudian setting ip address pada laptop.



2. Jalankan program Netinstall.exe (jika menggunakan Linux, jalankan menggunakan wine)

3. Kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi Netbooting. caranya tinggal klik saja Net Booting. Dan masukan ip addess yang satu jaringan dengan ip address laptop.
4. Selanjutnya adalah cabut kabel power dan tekan tombol reset (ditahan)
kemudian masukan kembali kabel powernya dengan catatan tombol resetnya jangan dilepas. Tahan hingga kurang lebih selama 15 detik atau sampai muncul tipe dan mac-address di program Netinstall.
5. Kemudian masukan paket yang akan diinstall, dengan cara klik Broswe untuk mencari dimana paket tersebut tersimpan.

6. Langkah selanjutnya adalah memilih paket yang akan diinstall di RouterBoard tersebut.


7. Jika sudah memilih apa saja paket yang akan diinstall. kemudian klik install dan tunggu prosesnya sampai selesai.

E. Temuan Masalah 
Pada awalnya saya merasan kesusahan pada bagian masuk ke mode netinstall, ternyata setelah saya cari tahu, saya salah memasukan kabel pada interfaces ethernet. Seharusnya untuk mode netinstall harus menggunakan interfaces ethernet 1.

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan pada artikel ini adalah jangan merasa router anda rusak jika belum melakukan Netinstall dan harapan dari penulis semoga apa yang saya tulis dapat bermanfaat bagi pembaca.

G. Referensi

https://mikrotik.com/download
https://mikrotikindo.blogspot.com/2013/03/tutorial-cara-install-mikrotik-dengan-Netinstall.html

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments