Perintah Cli Pada RouterOs Mikrotik

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, kembali lagi bersama saya imam agus setiono. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara atau tutorial dasar mengenai konfigurasi CLI di RouterOs Mikrotik.


1. Pengertian
RouterOs mikrotik merupakan produk dari vendor mikrotik, jadi selain memproduksi barang barang hardware jaringan, mikrotik juga memproduksi RouterOS. Lantas apa bedanya routeros dan routerboard? oke saya jelasakan, jadi routeros ini berfungsi menjadikan pc atau komputer biasa yang dapat dijadikan fungsi routing dengan cara menginstal routeros di pc tersebut. Berbeda dengan routerboard, kita tidak perlu menginstal pada pc karena tinggal masukan kabel ke interfaces dan sudah terhubung.

2. Latar Belakang
Pada dunia network kita tidak melulu mendapatkan tampilan GUI (Grapichal User Interfaces) tak jarang kita juga dihadapkan dengan tampilan tampilan CLI (Command Line Interfaces)

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat jika kita memahami melakukan konfigurasi menggunakan cli adalah kita tidak ketergantungan dengan system GUI

4. Hasil Yang Diharapkan
Paham syntax dasar yang digunakan di mikrotik

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
VirtualBox dan Installan MikrotikOs

C. Waktu pelaksanaan
20 Menit

D. Pembahasan
Mikrotik sendiri menggunakan system linux, jadi sintax atau perintah perintahnya tidak jauh berbeda dengan linux. Bagi kalian yang masih belum paham mengenai apa itu linux? dapat memahami di postingan saya sebelumnya. Ruang lingkup yang akan saya bahas adalah :

  • Menambah username dan password
  • mengganti identitas router
  • membuat comment (label) di interfaces
  • mematikan (apabila tidak dibutuhkan) den menghidupkan ethernet
oke jadi sebelum melakukan konfigurasi, kita harus paham tabel dibawah ini:

Kemudian pada konfigurasi menggunakan CLI terdapat kemudahan jika kita lupa akan memasukan perintah apa di mikrotik dapat menggunakan tombol nafigasi seperti dibawah ini :

oke, yuk langsung saja kita melakukan konfigurasi.

1. Menambahkan User dan Password Router
Hal ini sangat perlu dilakukan ketika akan mengkonfigurasi sebuah router, karena ini menjadi keamanan pertama saat anda melakukan konfigurasi router. Takutnya ada orang yang jahil dengan router kita makanya amankan dahulu router kita dengan perintah > user add name=(nama user) password=password group=full  kemudian ketikan > user print jika ingin mengetahui user yang ada pada router.

2. Mengganti Identitas Router
Mengganti identitas router sangat diperlukan karena agar kita bisa membedakan perangkat satu dan lainnya. JIka router yang kita konfigurasi hanya sedikit maka ini belum terlalu berpengaruh, tetapi jika router yang anda konfigurasi sudah mencapai ratusan bahkan ribuan akan menyulitkan membedakannya jika tidak melakukan identitas router. Caranya cukup mudah dengan cara > /system set name=(nama router)

3.Membuat Comment di Interfaces
Comment ini berfungsi sebagai penunjuk dan pemberi catatan terhadap interfaces yang ada di router. cara konfigurasinya disini saya menyimulasikan ether 1 yang menuju ke intarnet sedangkan ether 2 menuju ke laptop berikut cara konfigurasinya >interfaces ethernet comment ether1 comment=internet  dan >interfaces ethernet comment ether2 comment=To_Laptop kemudian ketika kita akan melihat interfaces yang ada di router maka masukan perintah >interfaces print

4. Mematikan dan Menghidupkan Ethernet
Ketika terdapat ethernet yang tidak terpakai, saya sarankan untuk dimatikan saja, cara konfigurasinya adalah dengan memasukan perintah >interfaces ethernet disable ether1 pada kotak merah terdapat tanda R dan X, ini sebagai tanda bahwa jika ether memiliki tanda R maka statusnya adalah Running atau berjalan tetapi jika memiliki tanda X berarti interfaces tersebut mati.

Kemudian untuk menghidupkan interfaces ether 1 kembali maka gunakan perintah >interfaces ethernet enable ether1

5. Menambahkan IP Address
Salah satu bagian yang penting setiap kali kita melakukan konfigurasi router adalah menambahkan ip address pada router. Disini saya menyimulasikan pemberian ip address di ether 1 adalah 172.20.5.12/26 dan di ether 2 adalah 192.168.10.1/30 caranya cukup mudah yaitu dengan cara > ip address add address=172.20.5.12/26 interface=ether1
dan > ip address add address=192.168.10.1/30 interface=ether2


E. Temuan Masalah 
-

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan dari artikel ini adalah, jangan terlalu bergantung dengan tampilan GUI tetapi sekali kali belajar menggunakan CLI. Dan yang terakhir terima kasih telah membaca postingan saya apabila terdapat kekurangan silahkan tulis di kolom komentar Terima Kasih.

G. Referensi
Materi Mikrotik MTCNA-05-2012

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments