Instalasi Packet Tracer 7.0 di Linux


Instalasi Paket Tracert
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, bertemu kembali dengan saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan ini saya akan menuliskan sekaligus membuat dokumentasi tentang instalasi paket cisco paket tracer.

1. Pengertian

Packet Tracer adalah sebuah aplikasi yang dapat dijalankan pada komputer atau laptop bahkan hp sebagai simulator pembangunan jaringan. Pada cisco packet tracer terdapat alat alat simulator yang menggambarkan keadaan serta fungsi seperti aslinya.

2. Latar Belakang

Dalam pembuatan jaringan diperlukan adanya tahap perencanaan dan simulasi sebelum melakukannya langsung dan diterapkan pada sebuah tempat, cisco packet tracert sering digunakan sebagai simulator jaringan. Cisco packet tracert disesain khusus untuk perangkat cisco jadi pada cisco packet tracer hanya terdapat perangkat perangkat milik cisco saja.

3. Manfaat dan Tujuan

Apabila Laptop atau pc yang kita gunakan sudah terinstal aplikasi cisco packet tracer maka kita dapat melakukan proses simulasi perangkat cisco melalui cisco packet tracert.

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Konektivitas Internet
  • Terminal
  • Pembahasan


C. Waktu Pelaksanaan
10 Menit

D. Pembahasan
Yak……………..ngga usah lama lama, langsung saja kita lakukan proses instalasi, dibawah ini akan dijelaskan proses atau tahapan step by step proses instalasi :

1. Siapkan file aplikasi cisco packet tracer, pada saat postingan ini dibuat versi terbaru dari packet tracer adalah versi 7.02 dan pada kali ini saya akan menginstal packet tracer versi 7.0

2. Kemudian langkah kedua adalah extrak folder yang akan di instal. dan masuk ke folder tersebut.

3. Jika sudah masuk ke folder packet tracer, akan terdapat beberapa paket yang tadi kita extraks, seperti tampilan dibawah ini :





















4. Buka terminal dan masuk ke direktori file yang akan kita install.


5. Didalam folder tersebut terdapat beberapa file. Untuk menginstal kita ketikan ./install


6. Kemudian ini adalah tampilan pertama saat proses instalasi. Kita cukup mengetikan enter untuk melanjutkannya.


7. Klik space atau enter untuk melanjutkan proses instalasi, dan dibawah pada mode 99% terdapat dialog, Jangan lupa tekan Y jika ingin menginstall packet tracer.


8. Terdapat satu kotak dialog lagi pada bagi bawah, Klik Y jika kuat dan N jika tidak. Karena saya akan menginstall maka kita tekan tombol Y kemudian tekan enter.


9. Stelah paket telah diinstal maka packet tracernya sudah dapat digunakan. Berhasilnya proses instalasi ditandai dengan tulisan “cisco packet tracer 7.0 installed successfully.”

10. Untuk menjalankan aplikasi ini terdapat beberapa cara, cara yang akan saya lakukan yaitu dengan melalui terminal linux. masuk ke super user dan ketikan
root@super:~$ sudo su
root@super:/home/setiono# cd /opt/pt/
root@super:/opt/pt# packettracer 

11. Beginilah tampilan Packettracer yang siap digunakan


E. Temuan Masalah 

F. Kesimpulan 

Proses perencanaan erat kaitannya dengan proses simulasi, jadi kesimpulanya adalah cisco paket tracer dapat digunakan untuk simulator jaringan vendor cisco.

G. Referensi :
-

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments