Training Cisco Day 2

Training Cisco Day 2

Pendahuluan

Welcome in my work, selamat datang. Bertemu lagi dengan saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan kegiatan saya pada hari Kamis tanggal 14 Februari 2019.

Latar Belakang :

Cisco merupakan vendor paling terkenal dan mumpuni yang bekerja pada dunia jaringan yang bersekala internasional, maka dari itu kita harus mempelajarinya.

Maksud dan tujuan :

Agar pengetahuan kita semakin bertambah khususnya pada dunia cisco.

Hasil yang Diharapkan :

Dapat menambah ilmu pengetahuan khsusnya di bidang IT dan Cisco

Jangka Waktu Pelaksanaan :


8 jam

Pembahasan :

Pada kesempatan ini saya akan membagikan tulisan tentang bassic network yaitu :


Berkomunikasi di Dunia yang Terhubung.

Yak pasti semua orang membutuhkan online, dengan online tersebut kita dapat mengetahui informasi secara cepat apalagi pada jaman ini dimana teknologi informasi dan persebaran berita begitu cepat. Lantas terdapat pertanyaan siapa yang memiliki internet? Yuhuuuuu… jawabannya adalah tidak ada yang memiliki internet, internet milik kita bersama dengan kata lain internet milik kita sendiri.

    1.1 Apa Definisi Data Yang Tepat?

Data merupakan nilai yang memiliki sesuatu data dapat berbentuk informasi apabila data tersebut dipublikasikan. Didalam informasi data terdapat 3 jenis atau 3 golongan yaitu:

a) Volunteered Data
Merupakan data yang diisi atau dipublikasikan secara sukarela tanpa ada paksaan oleh siapapun misalnya saat kita update status di media sosial, memposting foto di facebook, instagram, whatsapp, dan media sosial lainnya.

b) Inferred Data
merupakan data yang dimaksukan kemudian tidak dipublikasikan atau di enkripsi contohnya yaitu nomor rekening di suatu bank.

c) Observed Data
Merupakan data yang menunjukan posisi atau keberadaan sesuatu, contoh dari observeed data adalah Google maps, Google earth dan lain lain.

            1.2 Komunikasi dalam Komputer

Kemudian dalam berkomunikasi komputer atau perangkat menggunakan sistem komputer dengan kode binary yang diidentiikasikan sebagai 0 dan 1 dimana 0 berarti mati sedangkan 1 berarti hidup, selaini itu kode 0 dan 1 dapat menterjemahkan kode kode yang digunakan di mesin komputer. Untuk saling berkomunikasi komputer membutuhkan transmisi atau media yang diunakan, terdapat 3 transmisi diantaranya :

  • Copper
Media ini menggunakan perambatan listrik sebagai meda transmisi data contohnya kabel Utp, Stp, Coaxial dan lain lain. Media yang digunakan yaitu kawat tembaga yang berisi arus internet.
  • Fiber Optic
Pada media ini menggunakan media serat kaca yang berkecepatan transmisi lebih cepat dibanding menggunakan copper.
  • Wirelless
selain menggunakan media fisik, transmisi data juga dapat berbentuk gelombang elektromagnetik atau gelombang radio.

1.3 Mengenal Bandwidth dan Throughput


a) Bandwidth
Bandwith adalah besaran atau ukuran pada data yang dapat digunkan untuk bertukar informasi, jika diibaratkan bandwith adalah lebar jalan tol yang dapat digunakan oleh kendaraan untuk melintasi.

b) Throughput.
Throughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer data (mengidentifikasikan Upload dan Download) jika diibaratkan troughput adalah kendaraan yang melintasi bandwith atau kendaran yang sedang melewati jalan tol.

Hasil yang didapatkan : 

Dapat mengetahui macam macam data, media transmisi dalam komunikasi, dan mengetahui bandwith serta throughput atau bandwith aktual.

Kesimpulan :

Komunikasi data membutuhkan 3 komponen yaitu pengirim (sumber) trasmisi (media) dan tujuan (destination).

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments