What this router?

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan

Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. pada hari ini saya akan menuliskan artikel tentang perangkat jaringan yaitu router.

1. Pengertian

Router adalah salah satu perangkat jaringan yang berfungsi sebagai pengalamatan paket data, router bekerja pada layer 3 network pada model osi.

2. Latar Belakang

Latar belakang saya mempelajari tentang router adalah sebagai bekal saya sebelum saya masuk ke materi mikrotik.

3. Manfaat dan Tujuan

Tujuan saya yaitu ingin mengetahui lebih dalam tentang router.

4. Hasil Yang Diharapkan

  • mengetahui jenis jenis router
  • mengetahui perbedaan router dengan perangkat yang lain.

B. Alat dan Bahan

Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan

D. Pembahasan

 

1.1 Fungsi Router

Router berfungsi sebagai menggabungkan dua jaringan yang berbeda menjadi sebuah jaringan yang dapat saling komunikasi antar perangkat. perbedaan jaringan ditandai dengan bedanya subnetmask pada ip adress. jika dianalogikan router itu penghubung antar jalan yang dapat menjangkau rumah rumah disekeliling jalan agar dapat saling berkomunikasi meskipun berbeda jaringan.  selain itu router juga berfungsi sebagai penyambung jaringan kecil ke jaringan besar, ini disebut internetwork.

1.2 Jenis Jenis Router

A. Router Pc
Router pc adalah sebuah komputer yang dapat menjalankan fungsi routing,   komputer tersebut telah diatur sedemikian rupa sehingga dapat menjalankan fungsi fungsi router. salah satu fungsi router adalah menggabungkan 2 jaringan yang berbeda agar dapat saling berkomunikasi, router juga dapat melakukan fungsi server salah satu contohnya adalag setting DHCP client ataupun DHCP server. Untuk dijadikan sebuah router, komputer tidak harus memiliki spek yang tinggi. komputer pentium 2 dengan ram 64  dan harddisk 10 gb sudah bisa digunakan untuk router dengan menginstal operating system khusus untuk router, dan yang paling banyak digunakan adalah Mikrotik.

B. Router Hardware.

Router Hardware adalah sistem perangkat yang memiliki kemampuan seperti halnya router, sehingga hardware atau perangkat keras tersebut bisa membagi, memancarkan, serta juga mensharing IP Address.

C. Router Aplikasi.
Adalah sebuah router aplikasi yang dipasang pada software operating system sehingga operating system dapat menjalankan fungsi router.

1.3 Perbedaan Router dengan switch
 perbedaan router dengan switch sangat mencolok, yaitu apabila router dapat melakukan atau menggabungkan dua jaringan atau lebih menjadi dapat saling bertukar data, berbeda dengan switch yang hanya meneruskan paket tanpa bisa dikonfigurasi terlebih dahulu kecuali perangkat milik cisco yaitu multi layer switch, pada multi layer switch perangkat dapat berjalan pada layer 2 dan laye r 3. switch hanya sebagai penyebar ip ip yang telah dikonfigurasi oleh router.

E. Temuan Masalah.

 -

F. Kesimpulan dan Harapan

Dapat mengetahui macam macam router dan perbedaan perangkat router dengan switch.

G. Referensi

wikipedia_router
https://blog.dimensidata.com/pengertian-router-dan-macam-macam-jenis-tipe-router/


Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments