Konfigurasi Ntp Client di Router Board Mikrotik

Asalamualaikum wr.wb


A. Pendahuluan
Hallo kawan bertemu lagi dengan saya, penulis jurnal kegiatan harian yang akan berbagi sediki materi yang telah saya pelajari. Pada kesempatan ini saya akan menulis artikel dengan pembahasan konfigurasi Ntp Client pada router board.

1. Pengertian
Ntp Client atau (Network Time Protokol) adalah salah satu fitur di mikrotik yang digunakan untuk mengatur sistem waktu yang digunakan di mikrotik.

2.  Latar Belakang
Pengaturan waktu (jam/tanggal/bulan/tahun) pada Router Mikrotik mutlak diperlukan ketika kita sudah melakukan konfigurasi yang memerlukan realtime artinya waktu yang nyata. Seperti contohnya Router akan otomatis reboot ketika jam 10.00 wib maka harus diperlukan waktu yang tepat di router board.

3. Manfaat dan Tujuan
Tujuan dari penulis menulis artikel ini adalah agar penulis dan pembaca semakin paham apa fungsi dari fitur Ntp Client dan manfaat yang akan kita dapatkan adalah kita akan semakin paham akan fungsi Ntp Client.

4. Hasil Yang Diharapkan
Paham dan dapat melakukan konfigurasi Ntp Client

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger Laptop
  • Arus Listrik
  • Mikrotik (Kali ini saya menggunakan RB941)
  • Kabel Utp
C. Waktu Pembahasan
15 Menit

D. Pembahasan
Ketidak sesuaian waktu antara Router Mikrotik dengan keadaan nyata, akan mengakibatkan rule yang menggunakan sistim waktu tidak berjalan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu pencatatan Log pada router akan mengalami kekeliruan karena informasi waktu tidak sesuai dengan waktu yang sebenarnya. Untuk mengatasi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan konfigurasi Ntp Client yang memungkinkan router bisa melakukan sinkronasi waktu. Berikut ini adalah langkah untuk konfigurasi Ntp Client.

Langkah pertama kita perlu melakukan pengecekan waktu manual pada system => Clock seperti contoh dibawah ini :

Pada RouterBoard, pengaturan manual pada system>clock tersebut akan kembali ke pengaturan default saat router reboot. RouterBoard berbeda dengan router yang difungsikan di komputer, karena dikomputer bisa melakukan penympanan waktu.

Kemudian setelah langkah pertama dilakukan, langkah selanjutnya adalah dengan mengkonfigurasi Ntp client dengan cara masuk ke system=>SNTP Client dan ceklist enable, kasih mode unicast dan masukan id.pool.ntp.org (sesuai negara tempat tinggal kita) di kolom Primary NTP Server. seperti contoh berikut ini :
Ketika SNTP Client sudah berhasil melakukan sinkronasi, tidak serta merta waktu router sesuai dengan realtime. Anda akan melihat bahwa tanggal dan tahun sudah sesuai tetapi jam masih belum seperti gambar dibawah ini



Waktu tidak sesuai dengan realtime maka dapat anda sesuaikan dengan mengatur Time Zone Name, anda perlu mengganti manual dengan zona waktu yang anda gunakan. seberti gambar berikut.

Pada gambar diatas saya menggunakan Time Zona Name Asia/Jakarta karena tinggal saya berada pada waktu yang sama dengan jakarta (WIB)

E. Temuan Masalah
-
F. Kesimpulan Harapan
Kesimpulannya fitur NTP (Network Time Protokol) digunakan untuk sinkronasi antara waktu sebenarnya (Realtime) dan waktu dari RouterBoard

G. Referensi
http://www.mikrotik.co.id

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments