Bassic Configurasi Mikrotik

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman....!!! kembali lagi bersama saya imam agus setiono, pada kesempatan ini saya akan menuliskan artikel tentang Bassic Configurasi Mikrotik, jika pembaca belum paham mengenai mikrotik bisa baca pada postingan saya sebelumnya. Klik Disini

1. Pengertian
Bassic Configuration atau biasa disebut dengan konfigurasi dasar merupakan setingan dasar yang perlu diketahui dan dipahami sebelum memasuki ke materi materi yang lain.

2. Latar Belakang
Jika kita mempelajari sesuatu alangkah baiknya kita mempelajarinya dari dasar, karena jika kita melewatkan hal hal yang bassic maka kita anak kebingungan di materi selanjutnya. Maka saya anjurkan bagi para pembaca yang ingin belajar apapun, silahkan pelajari dari dasarnya.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat saya mempelajari Bassic Config ini agar saya memiliki dasar yang kuat untuk pendalaman materi mikrotik.

4. Hasil Yang Diharapkan
Mengetahui seting seting dasar Mikrotik sebelum memasuki materi yang selanjutnya.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Kabel Utp
Router Board (kali ini saya menggunakan RB941)

C. Waktu Pelaksanaan
20 Menit

D. Pembahasan
Pada pembahasan ini saya akan menjelaskan bagaimana konfigurasi dasar mikrotik.. bagi kalian yang penasaran langsung saja baca pembahasan dibawah ini :
 
 1. Cara Connect Router Board
Pada percobaan ini saya menggunakan produk mikrotik RB941, bagi kalian yang masih awam pasti bingung kan bagaimana cara konekinnya. Routerboard mikrotik memiliki ip default 192.168.88.1 maka kita harus samakan cllas antara Laptop dengan Router Board, seperti gambar berikut ini
kemudian jalankan winbox kita, jika kalian menggunakan OS Linux maka kita perlu menjalankan winbox dengan Wine. Setelah masuk ke winbox kemudian kita tunggu sampai muncul Mac Address, klik mac address tersebut dan klik connect seperti gambar dibawah.
Pada settingan awal saya anjurkan connect menggunakan mac addres tetapi jika router sudah dikonfigurasi maka connect saja dengan ip address karena jika menggunakan ip address akan semakin stabil.

2. Mengganti System Identity
System Identity merupakan fitur yang digunakan sebagai pemberian identitas router board, router board perlu dikasih identitas agar tidak ada kekeliruan login jika ada banyak router neighbour. Langkah pertama kita harus connect dengan routerboard mikrotik kemudian kita klik di system=>identity
kemudian edit identitynya, jika sudah jangan lupa klik apply dan ok

3. Reset Configuration
Reset configuration digunakan untuk menghapus konfigurasi yang ada pada router board. Reset configuration memiliki 2 cara yaitu Hard reset dan Soft reset, perbedaannya antara hard reset dan soft reset adalah jika hard reset kita  mereset melalui perangkat kerasnya sedangkan jika soft reset kita cukup menekan pada tool system reset configuration atau bisa melalui cli winbox dengan perintah "system reset-configuration"

Didalam system reset configuration terdapat 4 tool yaitu :
1. Keep user configuration  : mode ini akan menghapus konfigurasi mikrotik kecuali konfigurasi user mikrotik
2. No default configuration : Tidak menggunakan mode default mikrotik ketika sudah direset
3. Do not backup                 : Tidak melakukan backup konfigurasi sebelum router direset.
4. Run after reset                : Menjalankan suatu file atau service setelah reset selesai dilakukan.

E. Temuan Masalah
-

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan pada artikel ini adalah jika kita akan belajar sesuatu alangkah baiknya belajar dari dasar. Dan yang terakhir penulis berharap artikel ini dapat berguna bagi para pembaca.

G. Reverensi
Materi Mikrotik MTCNA-05-2012.pdf

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments