Bassic Config Cisco via Packettracer

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. pada hari ini saya akan menuliskan artikel tentang Bassic Configuration Cisco Via Packettracert

1. Pengertian

Packettracer adalah simulator alat alat jaringan dalam vendor cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran, pelatihan bahkan sampai penelitian di bidang jaringan. Tujuan utama cisco packettracer adalah menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip prinsip jaringan komputer dan membangun skill di bidang jaringan cisco.

2. Latar Belakang

Cisco merupakan vendor terkenal di dalam dunia networking atau dunia jaringan, Cisco memiliki perangkat perangkat mumpuni dalam menjalankan fungsi kerjanya. Sehingga tak ayal jika cisco banyak disegani oleh orang orang jaringan. Sebelum kita melangkah jauh tentang cisco alangkah baiknya kita memulainya dari dasar atau dari bassic bassicnya terlebih dahulu, Biasanya untuk belajar disarankan menggunakan cisco packettracer sebagai alat simulator.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat dari kegiatan ini yaitu memperluas wawasan tentang cisco, serta memberikan pemahaman kepada pembaca.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat melakukan bassic bassic konfigurasi.

B. Alat dan Bahan

  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan

20 menit

D. Pembahasan

Seperti yang telah dibahas tadi, pada kesempatan ini saya akan membagikan konfigurasi konfigurasi dasar yang ada pada router cisco. Gimana Penasaran kan ? 

*alat peraga peraktik menggunakan packettracer 7.0 Bagi yang belum menginstal boleh lihat blog saya sebagai referensi. Klik Disini


1. Pada Vendor cisco terdapat 3 tahapan atau 3 tingkatan dalam mode konfigurasi dasar. ketiganya ini adalah User Exec, Prefilage Exec, Global Configuration.

a. User Exec  : Adalah level awal pada saat masuk ke router atau switch. User Exec ini memiliki tanda yaitu "Router>" apabila anda akan keluar dari mode in cukup memberikan perintah logout.

b. Privileged : Privileged ini merupakan mode terusan dari User Exec, dimana jika kita akan menggunakannya harus memasukan perintah 'enable'. Tanda atau karakteristik dari mode privileged adalah menggunakan simbol 'Router#. Apabila kita ingin keluar dari mode tersebut maka cukup menggunakan perintah 'disable'

c. Global Configuration : Mode ini adalah mode yang dapat melakukan fungsi konfigurasi dimana apabila akan masuk ke mode global configuration harus mengetikan 'configure terminal' pada mode sebelumnya.
Pada gambar dibawah ini terdapat 3 mode yaitu user exec, privileged, dan mode global configuration.

2. Mengganti hostname dan memberi password pada mode pervilage di router.

a. Ganti Hostname 
Hostname digunakan sebagai pemberian nama atau sebagai pengidentifikasi perangkat, untuk perintahnya dapat dituliskan sebagai berikut. 

Router>enaRouter#conf t
Enter configuration commands, one per line. End with CNTL/Z.
Router(config)#hostname routerimam
routerimam(config)#


b. Memberikan Secret atau keamanan 
Untuk meningkatkan keamanan perangkat, maka anda perlu konfigurasi membuat password atau secret di perangkat mereka. beginilah cara konfigurasinya untuk menambahkan authentication:
routerimam(config)#enable secret imam


Apabila sudah dikasih authentication maka akan muncul perintah untuk memasukan password seperti tampilan dibawah ini :

3. Menggunakan Banner
Banner ini merupakan suatu tampilan untuk menyapa anda di awal saat akan masuk ke konfigurasi. banner. Perintah yang dapat digunakan adalah :
Routerimam(config)#banner motd *(tulisan yang akan dimasukan)*
pada konfigurasi banner motd tidak wajib menggunakan tanda ** yang perlu diperhatikan bahwa simbol atau tanda antara depan dan belakang memiliki kesamaan. Contoh output yang saya bikin banner menggunakan banner motd adalah sebagai berikut :

4. Perintah untuk Menimpan konfigurasi
Setelah melakukan konfigurasi langkah yang harus dilakukan selanjutnya oleh admin jaringan adalah menyimpan konfgurasi router, tujuan dari menyimpan konfigurasi ini agar konfigurasi tidak hilang saat router dimatikan. Perintah yang dimasukan adalah sebagai berikut :
perintah ini digunakan pada mode global configuration
Routerimam(config)#do write
sedangkan perintah dibawah ini digunakan pada mode Privileged
Routerimam#write
Sekian materi tentang bassic config, tunggu postingan selanjutnya ya....

E. Temuan Masalah.

 -

F. Kesimpulan dan Harapan.
Kesimpulan dari postingan ini adalah peragkat cisco memiliki aplikasi simulasi yang berfungsi sebagai edukasi bahkan sampai penelitian sebuah jaringan. Dimana didalam aplikasi ini hanya terdapat perangkat dari vendor vendor cisco saja. Dan Harapan saya masih sama yaitu semoga artikel artikel yang saya post di blog saya dapat berguna bagi pembaca. Terima Kasih..

G. Referensi



Wasalamualaikum w.wb

Wasalamualaikum wr.

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments