Hari Pertama Training Mikrotik MTCNA

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo, whats up gaes! gimana kabarnya nih? semoga baik baik saja ya. Kembali lagi bertemu bersama saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti Training Mikrotik yang diselenggarakan di BLC Telkom Klaten terhitung mulai tanggal 4-8 dengan Trainer Pak Ziad Sobri.

1. Pengertian
Kegiatan training merupakan sebuiah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang bidang tertentu.

2. Latar Belakang
Setiap tahun lulusan dibidang ilmu komputer dan jaringan semakin banyak, maka kita harus mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia industri kelak ketika kita lulus, nah salah satu yang menjadi point plus adalah memiliki sertivikat.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika kita mengkuti kegitan training ini adalah pengetahuan kita akan semakin meningkat

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang mikrotik.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
RouterBoard (RB941)

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari

D. Pembahasan
Pada hari pertama, Kegiatan dimulai kurang lebih pukul 09.00 dan diisi langsung oleh Pak Ziad Sobri, Pak Ziad Sobri merupakan salah satu trainer mikrotik yang terkenal dimancanegara. Beliau berasal dari lampung, dan menyempatkan hadir selama 5 hari untuk memberikan pelatihan kepada kami anak anak magang yang ada di BLC Telkom Klaten.

Kegiatan pertama adalah perkenalan dan membuat akun Mikrotik yang akan digunakan untuk kegiatan training dan dapat digunakan untuk mengikuti kegiatan mikrotik lainnya. Setelah proses registrasi pendataran selesai kemudian beliau menjelaskan bab materi yang akan dipelajari di Training Mikrotik MTCNA. Terdapat 9 bab yang akan dipelajari di kurikulum mikrotik MTCNA.

1. Introduction
2. DHCP
3. Bridge
4. Routing
5. Wireless
6. Firewall
7. Qos
8. Tunnels
9. Mics

Selain memberikan materi, beliau juga banyak bercerita tentang pengalamannya selama bekerja di dunia networking atau didunia IT. Pada hari pertama materi yang disampaikan adalah Introduction, oiya sebelum melakukan training Pak Ziad juga memerintahkan kami untuk mengerjakan soal latihan yang ada di mikrotik.com tujuannya adalah sebagai tolak ukur pengetahuan saya dan teman teman didunia jaringan khususnya mikrotik. Pastinya jika kalian akan mengikuti training pasti kalian akan dibimbing untuk membuat akun di mikrotik.com sebagai akun peserta. Kemudian materi hari pertama adalah introduction dan sedikit menyinggung DHCP. Sedikit tambahan bahwa ada beberapa cara yang bisa kita digunakan untuk mengakses mikrotik, seperti berikut ini:

1. Webfig
2. Winbox
3. Telnet
4. SSH
5. console
6. Install RouterOS di Pc
7. Menggunakan FTP
8. Menggunakan Android (Apps Mikrotik)

E. Temuan Masalah
-

F. Kesimpulan dan Harapan
Kegiatan Training dan pelatihan mikrotik sangat diperlukan bagi orang orang yang akan menjadi seorang network engginers. Apabila ingin menjadi network engginers paling tidak harus menguasai 3 vedor network yaitu mikrotik, cisco dan juniper begitu kata Pak Ziad Sobri

G. Referensi
Pak Ziad Sobri

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments