Hari Kedua Training MTCNA

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan

Kembali berjumpa dengan saya, imam agus setiono. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya mengikuti kegiatan Training MTCNA yang langsung diisi oleh Bapak Ziad Sobri. Bagaimana teman teman penasaran kan? yuk kita baca dibawah ini.

1. Pengertian
Kegiatan training merupakan sebuiah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang bidang tertentu.

2. Latar Belakang
Setiap tahun lulusan dibidang ilmu komputer dan jaringan semakin banyak, maka kita harus mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia industri kelak ketika kita lulus, nah salah satu yang menjadi point plus adalah memiliki sertivikat.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika kita mengkuti kegitan training ini adalah pengetahuan kita akan semakin meningkat

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang mikrotik.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
RouterBoard

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari

D. Pembahasan
Pada hari kedua training mikrotik ini kami diminta untuk membuat kelompok yang beranggotakan 4-5 orang tujuannya sebagai mempermudah pembuatan dan pengelompokan jaringan yang akan dilebkan. Pada hari kedua materi yang saya dan teman teman dapatkan dari Pak Ziad Sobri adalah mengenai materi yang ada di lab.

Materi yang disampaikan meliputi membahas sekilas di modul 2 (DHCP) modul 3 (Bridge) modul 4 (Routing) modul 5 (wirelless). Hampir disetiap materi kami diberikan tugas yang dikerjakan oleh tim kami. Pak Ziad menyapaikan materi dengan singkat, padat dan jelas yang dapat dipahami dengan mudah oleh peserta.

Proses DHCP bekerja dengan istilah DORA:

1. Discover
Sebuah proses dimana client mengirimkan broadcast ke alamat local network untuk menemukan sebuah DHCP Server dengan alamat ip 255.255.255.255 sebagai alamat destination dan source address menggunakan alamat ip 0.0.0.0
 
2. Over
Ini merupakan paket jawaban dari proses Discover dimana server akan mengirimkan paket unicast kepada Client yaitu sebuah ip address yang menuju ke client. Apabila kita membedah paket tersebut maka akan terdapat network configuration yang ditunjukan kepada pengirim paket discover (Menawarkan ip address kepada client.

3. Request
Paket ini merupkan respon dari paket sebelumnya yaitu paket over dimana paket ini akan meminta kepada server untuk mendapatkan sebuah ip yang berada dalam ip pool server yang bersangkutan untuk digunakan oleh client.

4. Acknowledge
Kemudian server akan menerima permintaan yang diajukan oleh paket request setelah itu mengirimkan paket ack kepada client terus server akan menentukan ip yang akan digunakan oleh client. 


E. Temuan Masalah
 -

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan pada hari kedua training mikrotik mtcna bersama pak ziad adalah jangan berhenti berlajar jika kau berhenti belajar maka kau akan mati atau kata beliau adalah "live is learn if you stop you dead"

G. Referensi
Pak Ziad Sobri

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments