Hari Ketiga Training MTCNA

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. Pada hari ini masih dalam suasana Training bersama Pak Ziad Sobri dari vendor mikrotik. Bagaimana penasaran kan?

1. Pengertian
Kegiatan training merupakan sebuiah kegiatan pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan skill dan pengetahuan dalam bidang bidang tertentu.

2. Latar Belakang
Setiap tahun lulusan dibidang ilmu komputer dan jaringan semakin banyak, maka kita harus mempersiapkan diri untuk bersaing di dunia industri kelak ketika kita lulus, nah salah satu yang menjadi point plus adalah memiliki sertivikat.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika kita mengkuti kegitan training ini adalah pengetahuan kita akan semakin meningkat

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat meningkatkan pengetahuan khususnya di bidang mikrotik.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
RouterBoard Mikrotik
Kabel UTP

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari

D. Pembahasan

Pada Pembahasan hari ketiga, kami mendapatkan materi yang tercantum didalam modul, yaitu modul 6 (Firewall), modul 7 (Qos) modul 8 (Tunnel) serta modul yang terakhir adalah modul 9 (Misc). Untuk materi firewall kami diajarkan pemahaman konsep firewall, bahwa terdapat 2 tipe firewall yaitu (accept any and drop few), dan (drop few and accept any) yang perlu diperhatikan bahwa apabila kita akan membuat rule firewall, rule akan terbaca dari atas ke bawah dalam artian dari nomor 0 sampai nomor yang ditentukan (Untuk lebih jelasnya saya akan membuat postingan khusus untuk materi Firewall). Selanjutnya modul 7 yaitu Quality of Services yang diterangkan pada materi ini adalah Qos menggunakan simple queue, burst dan Pcq. Setelah materi Qos selesai selanjutnya adalah materi Tunnel (cara menghubungkan link menggunakan jalur sendiri) dan Misc (Tool tool yang ada pada winbox mikrotik)

Ketika semua materi sudah disampaikan maka terbitlah ujian. Ujian ini dilaksanaan sehabis solah maghrib. Rasa cemas dan takut menghadapi ujian ini muncul dikarenakan ini pengalaman pertama saya. Ujian dibagi menjadi 2 kelas tetapi dilakukan dalam waktu yang sama. Berikut ini akan saya kasih trips dan trik menghadapi ujian mtcna

Tips Pertama
Soal yang digunakan berbahasa Inggris, jadi kalo kalian ga bisa berbahasa Inggris bisa memanfaatkan tool Google Translate untuk menterjemahkan soalnya, tapi ingat jangan copy paste soalnya! Tulis ulang saja soalnya untuk menghindari hal-hal yang tidak anda inginkan ok? ;)

Tips Kedua
Kerjakanlah soal yang mudah dulu. Jika ada soal yang susah lewati saja cari yang mudah dulu.

Tips Ketiga
Jawaban dari soal tersebut biasanya sudah ada di wiki.mikrotik.com. Silakan anda cari saja, atau bisa juga cari di google.

Tips Keempat
Jangan tergesa-gesa dalam mengerjakan soal. Jika anda sudah selesai sebelum waktunya, telitilah kembali jawaban anda.

Tips Kelima
Berdoalah sebelum ujian, dan yakinkan diri anda bahwa anda pasti dapat mengerjakan dengan baik semua soalnya dan lulus dengan nilai memuaskan.

Tips Keenam
Anda bisa mencoba mengerjakan latihan soal dari akun Mikrotik anda. Atau juga dapat mencoba mengerjakan contoh soal MTCNA.

E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Jika kau gagal dalam sebuah ujian, jangan sampai putus semangat. Jadikan itu sebagai acuan kamu dalam belajar. Dan jika kamu lulus ujian jangan sombong itu hanya selembar kertas dan sebuah nilai, justru kamu harus membuat tanggung jawab terhadap sertivikat itu.

G. Referensi
Pak Ziad Sobri

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments