Cara Install Linux Mint di Laptop

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial Cara Install Linux Mint di Laptop. Ini cocok bagi kalian yang akan melakukan migrasi dari Windows ke Linux.

1. Pengertian
Linux Mint merupakan salah satu distribusi atau distro (keturunan) dari Ubuntu dan Debian. Linux Mint ini sangat cocok bagi kalian yang baru saja melakukan migrasi atau pindah os dari windows ke linux.

2. Latar Belakang
Latar belakang ini dikarenakan saya baru saja melakukan migrasi os dari windows ke linux

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaatnya saya menjadi tidak menggunakan os crack crackan yang notabennya ilegal dengan mencuri lisensi. Karena jika menggunakan Os windows asli harus membeli sebuah lisensi.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat melakukan installasi linux mint.

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet
  • Flash disk yang telah berisi bootable linux mint

C. Waktu pelaksanaan
30 Menit

D. Pembahasan
Oke sebelum menginstall pastikan kalian sudah membuat bootable linux mint di sebuah flashdisk dan masuk ke mode bios serta jalankan booting lewat flashdisk. Kemudian lakukan langkah langkah berikut ini :

1. Langkah pertama kita disuruh memilih bahasa, isikan bahasa dengan bahasa inggris karena agar memudahkan konfigurasi setelah install os selesai.

2.  kemudian langkah kedua adalah memilih keyboard laptop. pada proses ini kita memilih keyboard US.
3. Pada langkah ini kita akan dihadapkan dengan 2 pilihan yaitu melakukan installasi dengan konek ke internet atau melakukan installasi tidak dengan konek terhadap internet. padakonfigurasi ini kita memilih tidak konek ke internet karena jika konek ke internet nantinya akan menambah lama proses installasinya dikarenakan akan langsung update dan upgrade dari internet

4. Langkah selanjutnya adalah kita melakukan ceklis untuk pilihan yang tersedia yaitu Install third-party sotware for graphics and wi-fi hardware, flash mp3, and other media. ini dimaksudkan untuk menginstall software aplikasi dasar, grapic, mp3 dan media lainnya.

5. Setelah itu kemudian memilih cara installasi, terdapat pilihan "menghapus semua isi hardisk dan menginstall linux mint, serta terdapat juga pilihan Something else yang dapat diartikan menginstall linux mint dengan membuat partisi sendiri.
6. Buatlah beberapa partisi seperti pada gambar berikut ini. Pada tutorial ini saya memisahkan antara /home dengan /root di partisi yang berbeda.


7. Langkah selanjutnya adalah memasukan nama identitas dan password yang akan digunakan di laptop. Jika sudah kemudian klik Continue
8. Tunggu hingga proses installasi selesai, saat melakukan installasi usahakan jangan sampai melepas media yang digunakan karena nantinya akan menggagalkan proses installasi

9. Jika proses installasi selesai, kemudian lakukan restart now
10. Kemudian cabut media flashdisk dan enter. Tunggu sampai prosesnya selesai, kita akan dibawa ke desktop linux mint.


E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulannya adalah kita dapat melakukan installasi linux mint. Dimana Os linux merupakan os gratis lisensi artinya kita tidak perlu membeli lisensi untuk mendapatkannya.

G. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments