Hal Yang Dilakukan Setelah Install Linux

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan ini saya akan memberikan membuat postingan "Hal Yang Dilakukan Setelah Install Linux" kalau mau mengikuti tutorial ini pastikan anda sudah menginstall linux.

1. Pengertian
Linux Mint merupakan salah satu distribusi atau distro (keturunan) dari Ubuntu dan Debian. Linux Mint ini sangat cocok bagi kalian yang baru saja melakukan migrasi atau pindah os dari windows ke linux.

2. Latar Belakang
Latar Belakang saya melakukan ini dikarenakan pada hari kemarin saya sudah melakukan installasi linux dan sekarang saya akan melakukan hal hal yang harus dilakukan setelah install linux.

3. Manfaat dan Tujuan
Manaat dan tujuan pastinya kita akan mendapatkan os yang powerfull dan tidak sering error. Selain itu dapat mengetahui layanan aplikasi yang ada di linux mint.

4. Hasil Yang Diharapkan
Saat digunakan os tidak mengalami masalah atau terjadinya bug.

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan
15 Menit

D. Pembahasan
Oke langsung saja, berikut ini hal hal yang harus dilakukan setelah menginstall linux :

1. Memperbarui Sistem
Hal ini sepertinya wajib dilakuan bagi yang menggunakan os linux jenis apapun karena dengan melakukan hal tersebut maka anda akan mendapatkan sistem perangkat lunak dan keamanan terbaru. Anda dapat melakukan hal tersebut di Menu=>Update Manager
Selain itu anda juga bisa menggunakan sintax atau perintah berikut ini :
 sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

2. Buat Snapshot Sistem
Snapshot dapat dilakukan menggunakan aplikasi Timeshift. Aplikasi Timeshift sudah default terinstall jika kita menggunakan Linux Mint. Snapshot akan terintegrasi dengan pengelola pembaruan dan alat ini akan membuat snapshot sistem yang artinya anda dapat mengembalikan linux mint anda seperti keadaan sebelumnya.  Hal ini akan membantu kita saat sistem os kita mengalami kerusakan. Snapshot Sistem dapat disamakan seperti sistem restore pada OS Windows. Cara melakukan backup Sistem cukup mudah yaitu dengan klik menu=>Timesift=>kemudian pilih creat seperti gambar berikut ini :



3. Install Codec
Jika anda ingin memutar MP3, menonton video dalam format MP4 atau dengan format lain, memnutar DVD? sepertinya anda harus menginstall codec untuk melakukan pekerjaan pekerjaan diatas. Caranya cukup mudah dapat dilakukan di lakukan di software manager



atau melalui terminal dengan perintah  berikut ini :
 sudo apt-get install mint-meta-codecs

4. Menginstall Tambahan Software
Setelah anda mengatur sistem, sekarang saatnya anda menginstall beberapa software atau perangkat lunak yang berguna dan sesuai dengan kebutuhan anda. Anda dapat mencarinya di Soft Manager, dan yang membuat menarik adalah anda tidak perlu memasukan keygen atau membeli lisensi karena linux dan aplikasinya berbasisi open sources.
5. Mengubah Tema dan Ikon
Ini merupakan menu opsional bagi anda, jika anda kurang menyukai tampilan default yang hadirkan oleh linux mint. Cara melakukannya cukup mudah anda tinggal masuk ke System Settings=>kemudan pilih Themes
6. Melindungi Mata dengan Redshift.
Night light menjadi fitur wajib dalam sistem operasi apapun karena dengan fitur ini user atau pengguna akan terlindungi dari cahaya yang kontras sehingga mata bisa menjadi pedih. Aplikasi Redshift sudah plugin dengan linux mint sehingga anda tidak perlu melakukan penginstallan.


7. Membersihkan System Anda
Menjaga sistem kita bebas dari sampah merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan, hal ini wajib dilakukan agar nantinya os yang kita jalankan tidak mengalami error. Anda dapat membersihkan sistem anda dengan perintah berikut ini :
sudo apt-get autoremove
sudo apt-get clean

E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimulannya adalah kita dapat memanfaatkan fitur fitur yang ada di linux mint, selain itu kita akan mendapatkan os yang stabil jika dilakukan update dan upgrae yang dilakukan secara rutin.
G. Referensi
https://www.redaksiweb.com


Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments