Membuat Voucher Wi-Fi Menggunakan Mikrotik RB941

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial tentang cara membuat voucher wifi menggunakan mikrotik RB941. Bagaimana teman teman pasti penasaran kan? yuk simak penjelasan berikut ini.


1. Pengertian
Wifi Voucher merupakan layanan yang digunakan untuk terkoneksi dengan internet, caranya kita cukup membeli voucher kepada penyedia layanan internet kemudian jika sudah membeli akan mendapatkan kode vocher yang digunakan untuk login.

2. Latar Belakang
Wifi Voucher ini dapat digunakan sebagai bisnis, dengan memasang di tidak hanya satu titik, maka kemungkinan besar kita akan mendapatkan keuntungan.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaatnya kita bisa membuka bisnis Wifi-Voucher.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat membuat wifi voucher menggunakan mikrotik RB-941

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet
  • RouterBoard Mikrotik 941
  • Kabel UTP

C. Waktu pelaksanaan
15 Menit

D. Pembahasan
sebenarnya ini merupakan cara alternatif bagi kalian yang menggunakan RB941 karena pada seri tersebut tidak support terhadap paket usermanager yang dapat melakukan pengaturan user miikrotik. Salah satu produk yang support terhadap packet tersebut adalah RB951.

Oke langsung saja kita mulai cara konfigurasinya.
1. Langkah pertama adalah buka Libre calc
kemudian tarik kebawah seperti gambar berikut ini :

2. Jika sudah kemudian masukan username seperti berikut
3. langkah ketiga kita membuat passwornya. Kalian jangan pusing pusing karena password dapat kita buat secara otomatis. Buka www.pwdgen.org
kita bisa memilih karakter apa saja yang akan dimasukan kedalam password kita dan panjang karakter tersebut. jika sudah memilih jangan lupa klik generate dan hasilnya akan tampak seperti berikut ini :
4. Langkah selanjutnya adalah dengan mencopy hasil password tersebut kedalam tabel yang ada di libre office.

5. Kemudian kita copiy dan pastekan tulisan yang kita buat Ctrl+a untuk select all dan Ctrl+c untuk mencopy kemudian Ctrl+v untuk paste


6. Kemudian kita masukan scriprt tersebut ke dalam terminal mikrotik kita di menu /ip hotspot user>


konfigurasi selesai selanjutnya adalah melakukan testing terhadap konfigurasi yang sudah kita buat. gambar dibawah ini merupakan hasil login menggunakan salah satu user dan password yang tadi kita buat.



E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan dari postingan ini adalah, kita dapat membuat voucher wifi menggunakan RB941 tanpa menggunakan user manager karena RB941 tidak support terhadap paket tersebut.

G. Referensi
e-book Mikrotik
Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments