Hari ke-12 IT Volunteer |SMPN 3 MOJOSONGO|


Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. Pada hari ini saya akan melanjutkan publikasi tentang kegiatan saya selama IT Volunteer 2019. Ini merupakan hari ke-12.

1. Pengertian

IT Volunteer merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di suatu tempat untuk membantu memecahkan masalah di bidang IT (Information Technologi) tanpa mengharapkan imbalan sepeserpun.

2. Latar Belakang
Latar belakang kegiatan IT Volunteer ini adalah untuk memecahkan masalah pada bidang IT yang ada di SMP N 3 Mojosongo.


3. Manfaat dan Tujuan
Tujuan kegiatan IT Volunteer ini adalah menjadikan Smp N 3 Mojosongo sebagai sekolah berbasis IT.

4. Hasil Yang Diharapkan

Terbentuknya Smp N 3 Mojosongo sebagai sekolah berbasis IT.

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet
C. Waktu pelaksanaan
1 Hari


D. Pembahasan
Kegiatan pada Hari Jumat, 22 Maret 2019, Kegiatan dimulai dengan kegiatan rutinitas seperti biasanya dan agenda saya hari ini adalah membimbing membuat email bagi anak anak yang belum membuat email serta menambahkan cara mengirim pesan di email. Ruangan dibagi menjadi 2 yaitu di Lab 3 dan Lab 2. Saya mengisi di Lab 3 bersama Mahfud, Nisa, dan Livia. Sempat terjadi beberapa gangguan karena nomor Nisn siswa tidak ada di data. Kenapa menggunakan Nisn? Karena ada format tersendiri untuk pembuatan gmail tersebut, Pada hari ini kami kedatangan pembimbing kami dari BLC yaitu mbah suro, beliau menjenguk kami dan banyak berbincang bincang dengan kami. Pada saat jam 10.30 kami diajak untuk makan soto ditempat Pak Sutrisno yang memiliki tempat makan sendiri yaitu tempat makan Soto Rempah 234, saat makan disana yang laki laki diberi dua porsi Soto Rempah tersebut, rasanya jadi malu hehe.. Setelah selesai makan soto kami diajak keliling Gedung Pemerintahan Kabupaten Boyolali dan ikon ikon Kota Boyolali, seperti Gedung Lembu Sora, Monumen Jagung, Kantor Bupati tak lupa kami mengabadikan dengan potretan lensa kamera. Setelah keliling Kota Boyolali, kemudian kami pulang ke Smp dan melakukan kegiatan Solat Jumat, setelah solat jumat selesai kami langsung menuju ke Lab 3. Saat saya dan teman teman sedang di Lab 3 bersama pembimbing kami Mbah Suro, ada dua anak yang ingin belajar Gmail. Anak ini adalah Ratna dan Zafirah Ro’ain, dua anak ini adalah anak yang paling semangat dalam mengikuti kegiatan terbkti dengan setiap kali ada penambahan Les pasti dua anak ini datang. Materi yang kami ajarkan adalah keunggulan menggunakan Gmail, Cara kirim email dengan melampirkan file, Cara serching menggunakan filetype:, serta membuat poster dengan coreldraw. Kelas Les ini selesai pada pukul 16.30 Wib. Kegiatan yang saya lakukan selanjutnya adalah mekakukan Registrasi Online untuk pendaftaran FLS bersama Ibu Windarti. Dan acara kegiatan terakhir adalah foto-foto di lingkungan sekolah dengan Mbah Suro. Berikut ini adalah dokumentasinya :

Edukasi kepada siswa di Lab 3
Edukasi kepada siswa di lab 2


E. Temuan Masalah
-

F. Kesimpulan dan Harapan
Harapan dari saya, semoga apa yang dicita-citakan oleh Smp N 3 Mojosongo dapat terlaksana dalam waktu dekat.

G. Referensi
Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments