Sejarah Komunikasi

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan.

Hallo teman teman, selamat datang kembali diblog saya! pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Sejarah Komunikasi, pasti kalian penasaran kan? kenapa saya akan membahas Sejarah komunikasi. kalian akan tau jawabannya setelah baca artikel dibawah ini, selamat membaca !

1. Pengertian.

 

Komunikasi adalah suatu proses dimana seseorang atau beberapa orang, kelompok, organisasi dan masyarakat menciptakan dan menggunakan informasi agar terhubung dengan lingkungan orang lain.

2. Latar Belakang.
Sebelum kita melangkah jauh tentang Telekomunikasi yang merupakan komunikasi jarak jauh, kita harus memahami komunikasi yang dilakukan secara tatap muka atau biasa disebut dengan Komunikasi.

3. Manfaat dan Tujuan.
Memahami bagaimana metafora atau perubahan perubahan komunikasi dari waktu ke waktu.

4. Hasil Yang Diharapkan.
Setelah mengetahui bagaimana sejarah komunikasi, diharapkan dapat melakukan komunikasi dan mengetahui komunikasi pada zaman prasejarah sampai zaman sekarang.
  
B. Alat dan Bahan.
  • Laptop
  • Charger laptop
  • Terminal
  • konektifitas internet.


C. Waktu pelaksanaan.
-2 jam

D. Pembahasan.
1.1 Sejarah Komunikasi
Pada abad ke 5 sebelum masehi, di yunani berkembang suatu ilmu yang mengkaji proses pernyataan manusia satu dengan manusia yang lain dan diberi nama ilmu retorika atau bisa diartikan sebagai ilmu berpidato, berargumentasi untuk mempengaruhi dan mengajak manusia lainnya. kemudian berjalanya waktu komunikasi semakin berkembang. pada zaman kekaisaran romawi, komunikasi tidak hanya melalui lisan tetapi juga melalui simbol simbol.

1.2 Latar Belakang Komunikasi Sebagai ilmu.

Asal usul komunikasi sebenarnya muncul pada zaman yunani kuno yang digagas oleh aristoteles. didalam gagasan tersebut disimpulkan bahwa terdapat 3 komponen komunikasi yaitu pengirim, data serta penerima. kemudian gagasan tersebut dikembangkan menjadi 2 bentuk yang dikembangkan di benua biru. Bentuk yang pertama yaitu ilmu publistik di jerman dan ilmu komunikasi masa di amerika serikat.

1.3 Munculnya Teknologi Sebagai Alat Komunikasi


A. Massa Prasejarah

Pada zaman ini manusia mengenal benda benda atau bentuk yang ada di sekelilingnya kemudian menggambarkan benda-benda tersebut di dalam dinding dan atap goa. Awal komuikasi mereka yaitu dengan dengusan, dan menggunakan isyarat tangan. Pada zaman ini juga tercipta alat alat penghasil bunyi yang digunakan sebagai komunikasi, contoh alat tersebut adalah terompet yang dibuat dari tanduk binatang. serta terdapat komunikasi menggunakan asap yang artinya pemberitahuan apabila ada bahaya.

B. 3000 SM
Pada zaman ini terjadi atau terciptanya sebuah tulisan yang digunakan oleh bangsa sumeria dan tulisan tersebut menggunakan simbol yang dikemas atau dibentuk dengan piktografi sebagai huruf.

C. 2900 SM
Pada zaman ini bangsa mesir kuno menggunakan huruf hieroglif, dimana setiap ungkapan digambarkan dalam bentuk yang berbeda. huruf yang dipakai pada zaman ini lebih modern dibandingkan dengan pada zaman sebelumnya atau tulisan yang digunakan oleh bangsa sumaria.

D. 500 SM
Dizaman ini manusia mulai mengenal cara membuat serat kayu dari pohon papyrus yang digunakan sebagai media untuk menulis.

E. 105 M
Pada zaman ini manusia banyak yang melakukan inovasi, tak terkecuali bangsa cina. Bangsa cina mulai memakai kertas yang digunakan sebagai media tulis tetapi kertas yang digunakan menggunakan serat bambu.


1.4 Massa Modern



A. Tahun 1455
Pada tahun ini terdapat pengembangan mesin cetak dan dibuat oleh Johana Gutenberg

B. Tahun 1838
Terdapat penemuan Analitycal enggine yang dikemukakan nisa dan anisa.

C. Tahun 1837
Samuel Morse Mengembangkan Telegraf. kemudian sir william look dan sir charll dan sir charless weatstone. sisitem telegraf ini kemudian digunakan untuk bisnis yang menggunakan pengiriman pesan secara cepat untuk jarak yang jauh.

C. Tahun 1889
Pada tahun tersebut Harman Hollerith menemukan kartu pervorasi yang digunakan untuk sensus, jadi sebelum adanya kartu pervorasi pekerjaan selesai mencapai kurang lebih dalam kurun waktu 7 tahun, kumudian munculah kartu pervorasi dengan menyelesaikan tugas sensus dalam waktu 6 minggu dengan menyimpan kurang lebih sekitar 80 variable.

D. Tahun 1931
Pada tahun tersebut terjadi atau terciptanya sebuah kalkulator yang digunakan untuk menyelesaikan persamaan diferensial mesin tersebut.

E. Tahun 1939
Sir John v atanasoff dan dibantu oleh clifford berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama dan digunakan sebagai komunikasi data.

F. Tahun 1973 - Sekarang
Pada masa ini mulai terciptanya adanya internet yang semakin cepat dan internet digunakan dalam media komunikasi sehari hari oleh banyak kalangan. di zaman sekarang sangat banyak media komunikasi yang menggunakan perangkat seperti, facebook, instagram, whats apps, twiter, dan lain sebagainya

E. Temuan Masalah

-

F. Kesimpulan dan Harapan.
Kesimpulan pada artikel ini yaitu, komunikasi sudah ada saat zaman pra sejarah dan seiring berjalanya waktu komunikasi semakin berkembang. yang dulunya menggunakan endusan sekarang sudah menggunakan huruf alphabet. Dan harapan penulis yaitu semoga apa yang saya tuliskan diblog saya dapat bermanfaat bagi pembaca. 

G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_komunikasi

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments