Perbedaan HTTP dan HTTPS

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan

Hallo guys, selamat datang di blog saya. kali ini saya akan membahas tentang perbedaan http dan https

1. Pengertian

Http dan Https merupakan sebuah protokol komunikasi dari world, wide, web yang ditemukan oleh netscape. Http dan Https berada pada layer aplikasi atau layer ke-7 pada sistem model osi.

2. Latar Belakang

Latar belakang saya membahas tentang http dan https karena awalnya saya masih bingung tentang perbedaan dikeduanya.

3. Manfaat dan Tujuan

Manfaat dari kita mempelajari http dan https adalah kita menjadi semakin paham perbedaanya diantara masing masing protokol.

4. Hasil Yang Diharapkan.

Dapat membedakan protokol Http dan Https

B. Alat dan Bahan.

  • Laptop
  • Charger laptop
  • Terminal
  • Koneksi listrik
  • Koneksi internet

C. Waktu pelaksanaan

30 menit

D. Pembahasan.

Langsung to the point saya ya, karena penulis paham kebanyakan orang membaca langsung pada topik permasalahan, tanpa mengetahui latar belakang dan tujuan penulisan. Bener kan? hehe

1. HTTP
Merupakan singkatan dari Hyperteks Transfer Protokol adalah sebuah protokol aplikasi yang merupakan dasar dari komunikasi data untuk World Wide Web atau yang biasa kita sebut sebagai WWW. Cara kerja protokol HTTP adalah sebagai meminta/menjawab antar client dan server. Sebuah client HTTP (seperti web browser), biasanya melakukan permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server (port deafult = 80). client yang mengirimkan permintaan html biasa disebut sebagai user agent. kemudian akan direspon oleh server yang merupakan media penyimpan sumber daya seperti berkas Html atau gambar dapat dikenal sebagai origin server.

2. HTTPS
Merupakan singkatan dari Hyperteks Transfer Protokol Secure ini digunakan untuk komunikasi yang lebih aman didalam jaringan komputer atau internet. dalam https protokol akan dienkripsi oleh TLS atau (transport layer security). motivasi utama dari protokol HTTPS adalah keamanan data yang dikirim dari server akan sampai ke client tanpa adanya penyadapan ditengah jalan dikarenakan pada protokol HTTPS terdapat proses enkripsi data.

Perbedaan HTTP dan HTTPS
  • protokol HTTP berada pada port 80 sedangkan HTTPS pada port 443 
  • Pada HTTP tidak ada proses enkripsi sedangkan HTTPS terdapat proses enkripsi
  • pada HTTP tidak ada logo kunci hijau sebelum nama domain sebuah website sedangkan HTTPS terdapat logo kunci hijau. 

E. Temuan Masalah.

-

F. Kesimpulan dan Harapan. 

Kesimpulan dari postingan ini adalah perbedaan http dan https dapat dilihat dari nama website, selain itu Dan perbedaan http dan https adalah adanya proses enkripsi atau perlindungan data pada https dan tidak bagi http. Harapan penulis yaitu semoga apa yang saya tuliskan diblog saya dapat bermanfaat bagi pembaca.

G. Referensi

https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-http-dan-https/
https://en.wikipedia.org/wiki/Hypertext_Transfer_Protocol
https://id.wikipedia.org/wiki/HTTP_Secure

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments