Macam Macam Jaringan Komputer

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. pada hari ini saya akan menuliskan artikel tentang macam macam jaringan komputer lengkap dengan sejarahnya. bagaimana penasaran kan? Yuk baca dan cermati artikel ini.

1. Pengertian
Jaringan Komputer adalah sekumpulan komputer artinya dua komputer atau lebih yang saling terhubung dan dapat saling bertukar informasi data. Dengan adanya komunikasi antar komputer maka akan memudahkan dalam pertukaran informasi atau pertukaran data yang terjadi.

 2. Latar Belakang
Sebagai bassic fundamental jaringan maka kita harus paham akan sejarah, dan macam macam jarinngan jika ditinjau dari beberapa sektor.

3. Manfaat dan Tujuan
Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu kita dapat mengetahui macam macam jaringan dan kita akan mendapatkan keuntungan tentang pengetahuan kita yang akan semakin bertambah.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat mengetahui tentang sejarah dan Macam-macam Jaringan komputer.
 
B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan
-2 Jam
 
D. Pembahasan

 

 Yuk langsung kemateri.....

1.1 Sejarah
Sejarah singkat dari jaringan komputer sendiri bermula dari lahirnya konsep jaringan komputer pada tahun 1940-an di amerika yang digagas oleh sebuah proyek pengembang komputer model I di laboratorium bell, proyek tersebut dipimpin oleh hoard aiken. kemudian singkat cerita amerika mengadakan riset pada tahun 1969 DARPA . (U.S Defense Advanced Research Project Agency) yang kemudian project ini diberi nama ARPANET. Teknologi berkembang begitu sangat pesat sehingga banyak developer yang telah mengembangkan jaringan di seluruh dunia.

1.2 Jaringan Komputer

Pada jaringan komputer dapat diklasifikasikan atau dapat dikelompokan menjadi 5, yaitu berdasarkan geografis,   untuk lebih jelasnya akan saya tulis dibawah ini.

A. Berdasarkan Geografisnya
Dalam kondisi ini jaringan dapat kita terbagi berdasarkan cakupan wilayah yaitu Lan, Man, Wan, Internet.
  • LAN (Local Area Network)
Pada jenis ini topologi atau cakupan wilayah yang digunakan tidak terlalu besar hanya mencakup ruangan atau lab serta dapat mencakup dalam satu gedung ke gedung lain dengan batasan atau area yang tidak terlalu jauh. Contoh jaringan Lan dapat kita lihat pada sebuah jaringan disekolah, dimana jaringan masih dalam jarak puluhan atau ratusan meter.

  • MAN (Metropolitan Area Network)
Topologi ini adalah perluasan dari LAN, hanya saja cakupan dari topologi ini mencakup antar kota antar propinsi sehingga dalam pengaturannya harus menggunakan tenaga ahli.

  • WAN (Wide Area Network)
Jaringan Wan iini merupakan perluasan konsep man, dimana wide area network memiliki jaringan yang lebih besar dibanding MAN. Jaringan ini dapat mencakup antar negara.

B. Berdasarkan Fungsi
  • Peer-to-Peer
Pada jaringan peer-to-peer diasumsikan tanpa adanya server dan client artinya komputer dapat saling terhubung satu dengan yang lain. jadi pada jaringan peer to peer menghubungkan 2 komputer dimana kedua duanya dapat menjadi client dan server, kelebihan dari peer to peer adalah mudah dalam membuatnya serta tidak ribet dalam proses pembuatan, kelemahan dari peer to peer adalah security atau keamanan yang tidak terjamin karena semua komputer dapat mengakses semua resource. Selain itu peer to peer tidak ada sentralisasi yang terpusat tidak seperti mode client-server.
  • Client Server
Jaringan Client Server merupakan sebuah jaringan yang memiliki satu komputer sebagai pemberi layanan atau yang biasa disebut dengan Server serta terdapat beberapa client, client ini adalah komputer yang mendapatkan layanan dari server. Dalam jaringan ini pusat kendali ada pada server. Jaringan ini memiliki beberapa kelebihan, salah satu kelebihannya adalah jaringan lebih aman karena akses jaringan hanya ada pada komputer server, selain itu administrasi jaringan terpusat karena hanya terdapat satu komputer yang menjadi pusat kendali jaringan. Disamping memiliki jaringan yang komplek jaringan client server memiliki kekurangan yatitu pada proses pembuatan memerlukan konfigurasi lebih komplek dibandingkan dengan jaringan Client-Server.


C. Berdasarkan Topologi Jaringan

1.2 Jaringan Mesh

1.2  Jaringan Bus

1.2 Jaringan Star

1.2. Jaringan Tree

1.2 Jaringan Linear



D. Berdasarkan Sumber komunikasi data
  • Jaringan Terpusat 
jaringan ini terdiri dari komputer client dan komputer server dimana komputer client yang berfungsi untuk perantara untuk mengakses server.
  • Jaringan Terdistribusi 
merupakan perpaduan dari jaringan yang terpusat sehingga membentuk sistem jaringan tertentu

E. Berdasarkan Media Akses

1. Wired
Salah satu media akses jaringan yaitu mengggunakan Wired atau biasa disebut dengan kabel, kabelnya pun bermacam macam. kabel yang paling umum digunakan adalah kabel Twister-Pair. Twister-pair merupakan jenis kabel tembaga. Untuk lebih lanjut mengenai kabel UTP dan STP dapat melihat di potingan saya sebelumnya. Selain itu ada juga kabel Fiber optic yang akhir akhir ini semakin marak di Indonesia. Kabel Fiber optic ini merupakan kabel dengan jenis serat kaca dan mentransmisikan data dalam bentuk cahaya.

2. Wirelles
Sedangkan media wirelles merupakan medium yang menggunakan gelombang elektromagnetik. Teknologi wirelles dibuat sebagai perluasan jangkauan konektifitas internet.

E. Temuan Masalah.
-

F. Kesimpulan dan Harapan.
Jadi kesimpulan saya dari postingan ini yaitu jaringan terdapat menjadi beberapa klasifikasi seperti berdasarkan geografis, berdasarkan media akses dan lain lain.

G. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments