Perbedaan Hardisk MBR dan GPT | Imam Agus Setiono

Asalamualaikum wr.wb

Hallo teman teman bertemu lagi dengan saya, Imam Agus Setiono disini saya akan membagikan artikel tentang perbedaan hardisk Mbr dan Gpt. Bagaimana Penasaran bukan? Yuk baca artikel ini sampai selesai.

A. Judul






    Apa Perbedaan Hardisk Gpt dan Mbr   



B. Pendahuluan

1. Pengertian
    menurut wikipedia Cakram keras atau Diska keras (bahasa Inggris: "harddisk" atau "hard drive" (disingkat HD) atau "harddisk drive" (disingkat HDD)) adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.

2. Latar Belakang
    Ada 2 partisi hardisk yang harus kita pahami perbedaannya, dimaksudkan saat memilih partisi hardisk tidak akan salah.
   
3.Maksud dan Tujuan
    Dimaksudkan agar setelah mengetahui perbedaan Mbr dan Gpt saya dapat menganalisis kelebihan dan kekurangannya masing masing disetiap partisi hardisk.

C. Pembahasan

1. Hardisk MBR (Master Boot Recorder)
    Hardisk Master Boot Recorder atau yang biasa disebut MBR adalah standarisasi partisi yang lama, akan tetapi partisi hardisk ini masih banyak digunakan sampai saat ini. Mbr hanya dapat mengijinkan 4 primary partition. Jika disini anda ingin membuat lebih dari 4 partition maka anda harus mengorbankan 1 primary partition yang diubah menjadi logical partition. Lantas apa primary partition dan logical partition tersebut?

    Primary partition adalah partisi utama yang berisikan file atau data tentang booting instalasi. Jadi intinya partisi ini digunakan untuk menyimpan file atau data dari instalasi yang kemudian digunakan untuk booting. Sedangkan partition logical adalah partition sampingan yang terdapat pada extended. Pada partition logical berfungsi sebagai penyimpanan driver D, E, F atau yang lainnya pada windows. Jadi partisi extended terdiri dari partisi logical.

    Mbr sendiri memiliki system 32-bit untuk merecord partisinya. Jadi tiap partisi ada batasannya, batas maksimal penggunaan partisi Mbr hanya 2 TB. Kemudian primary partition merupakan tempat satu satunya untuk menangani informasi dari partisi apabila ada kesalahan. Apabila suatu saat kesalahan maka akan berdampak pada seluruh hardisk.
   
2. Hardisk GPT (Guid Partition Table)
     Hardisk Guid Partition Table atau biasa disebut GPT merupakan teknologi baru dari partisi hardisk. Teknologi yang digunakan yaitu Guid (Global Enique Indentifiers) dimana teknologi ini dapat menterjemahkan partisi. Selain itu GPT merupakan bagian yang tak terpisahkan dari teknologi EUFI yang menggantikan posisi BIOS.

    Jadi apabila menggunakan mode EUFI maka harus menggunakan partisi GPT. GPT juga memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan terdahulunya yaitu MBR. Dari sisi partisi primary, GTP mengijinkan sebanyak 128 partisi, bisa dilihat bahwa MBR hanya mengijinkan 4 partisi primary saja. Ukuran partisi pada GPT mencapai 9,44 ZB (Zettabytes), perlu anda ketahui 1 ZB setara dengan 1.000.000 Terabytes. Selain itu di format GPT terdapat backheader dan tabel partisi, hal ini dapat memungkinkan membackup atau recovery saat hardisk rusak (corupt)


D. Kesimpulan
    Jadi kesimpulan mengenai perbedaan hardisk MBR dan GPT adalah :
1. GPT mendukung sampai 128 partisi primary, sedangkan MBR hanya mendukung sampai 4 partisi saja.
2. kapasitas penyimpanan dari MBR dibatasi hanya sampai 2 TB, sedangkan GPT mencapai 9,44 ZB.
3. Partisi MBR menyimpan informasi partisi hanya pada sektor pertama, jadi jika sistem rusak atau corrupt maka tidak bisa diperbaiki, berbeda dengan GPT yang menyediakan backup header dan tabel pada akhir partisi.

E. Referensi
http://www.wintekno.com/
https://id.wikipedia.org/wiki/Cakram_keras

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments