Osi Layer || Imam Agus Setiono ||

Asalamualaikum wr.wb


A. Pendahuluan

     Hallo para pembaca bertemu lagi bersama saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Open System Interconnection atau biasa disebut dengan OSI. Gimana penasaran bukan? Yuk kita baca postingan ini sampai selesai. 

1. Pengertian.

Bagi kalian yang baru mendengar OSI, pasti bertanya tanya apa si yang dimaksud dengan osi? menurut Wikipedia Osi adalah sebuah model aresitektural jaringan yang dikembangkan oleh ISO (International standardization organization) di eropa pada tahun 1977.

2. Latar Belakang.

mempelajari osi layer sebagai dasar tentang komunikasi data, bagaimana data akan dikirim dan diterima. Osi layer juga termasuk kedalam bassic network yang harus kita pelajari.

3. Maksud dan Tujuan.

Paham tentang proses data dikirim, oleh sumber lalu diterima di tujuan, serta media media yang digunakan.

4. Hasil Yang Diharapkan.

Dapat memahami sejarah osi layer.
Dapat memahami proses data yang dikirim dan diterima
Dapat melakukan troubleshooting saat komunikasi data gagal terkirim.

 B. Alat Dan Bahan

- Laptop
- Charger
- Terminal
- Arus Listrik

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

-4 jam

D. Pembahasan

 

  •  Sejarah  OSI Layer

Dari sekian banyak pembaca, pasti ada yang heran mengapa diciptakan Osi layer. Jadi gini teman teman, sebelum adanya lapisan osi, jaringan komputer tidak dapat berkomuniksi ke semua komputer, karena dulu vendor vendor atau perusahaan belomba lomba membuat port untuk merknya masing masing. kemudian pada tahun 1977 badan yang bernama ISO (International Standadization Organization) membuat standarisasi komunikasi data yang disebut dengan OSI Layer. Jadi dengan Osi layer komputer dapat berkomunikasi meskipun berbeda vendor atau beda merk perusahaan.

  • 7 Layer Osi.
   Pada tatanan layer osi terdapat 2 bagian yaitu Upper layer dan Low layer.
upper layer ditandai dari layer transport sampai aplication sedangkan low layer tertanda dari physical layer sampai layer ketiga atau network layer. Berikut ini Penjelasannya :


7. Aplication Layer.
Aplication layer merupkan salah satu jenis upper layer. Layer ini berfungsi sebagai antarmuka atau interfaces sebuah aplikasi atau tampilan dengan fungsionalitas jaringan. Pada layer ini terdapat beberapa protokol yaitu :

a. HTTP
HTTP Merupakan kependekan dari (Hyper Text Transfer Protokol) Protokol ini dapat digunaka sebagai transfer dokumen dalam sebuah web broser, menggunakan WWW (Word Wide Web). Port default yang digunakan pada web browser adalah 80. Protokol http juga dapat meminta/menjawab antara client atau server.

b. FTP
FTP atau biasa disebut dengan File Transfer Protocol. Protokol ini berjalan pada layer 7, ini merupakan standar pengiriman berkas atau dokumen yang terjadi pada komputer atau laptop yang terjadi pada sebuah jaringan.

c. SMTP
SMTP atau (Simple Mail Transfer Protokol) adalah sebuah layanan yang digunakan untuk mengirim surat elektronik dari komputer penerima ke komputer server.

d. POP3
POP3 atau (Post Office Protokol versi 3) merupakan layanan yang berada pada layer aplikasi berfungsi sebagai pengambilan surat elektronik (email) dari server email.

e. IMAP
IMAP (Internet Massage Access Protocol) merupakan protokol standar yang digunakan untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan yang akan ia ambil, membuat folder baru atau bahkan menghapus email yang ada di server. Kemampuan ini lebih baik dari POP3 yang hanya dapat mendownload atau mengambil semua email yang ada tanpa kecuali.
 
d. TELNET
Telnet merupakan kependekan dari  (Telecommunication Network) ini merupakan protokol yang digunakan sebagai akses remot melalui suatu host jarak jauh.

6. Presentation Layer.
Pada layer ini berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan kedalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan. Berikut ini adalah beberapa Protokol yang ada di Presentation Layer :

a. MIME
MIME atau (Multipurpose Internet Mail Extension) merupakan protokol yang digunakan untuk mengirim file binnary dalam bentuk teks.

b. SSL
SSl atau (Secure Socket Layer) merupakan lapisan keamanan untuk melindungi website dengan proses enkripsi data yang canggih. apa itu enkripsi? enkripsi merupakan proses pengamanan sebuah informasi dengan cara informasi tersebut tidak dapat dibaca tanpa bantuan pengetahuan khusus.
 
5. Sesion Layer.
Sesion layer berfungsi sebagai bagaimana koneksi dibuat, dipelihara dan dihancurkan. Lapisan ini bertanggung jawab melakukan sinkronisasi antara pertukaran data antar komputer dan membuat struktur komunikasi yang akan dijalankan.

4. Transpot Layer.
Transport layer terdapat pada layer ke 4 dari bawah. Pada lapisan ini terjadi segmentasi atau pemecahan data, kenapa harus terjadi segmentasi data? agar lebih mudah dalam proses transmisi data serta memudahkan data untuk melewati layer selanjutnya dengan baik dan optimal. Pada proses ini terdapat pemberian header header port pengirim dan penerima. Protocol yang digunakan yaitu :

a. TCP
TCP atau (Transsmision Control Protokol) merupakan protokol yang menyediakan layanan penuh dari sebuah aplikasi.

b. UDP
UDP atau (User Datagram Protokol) merupakan penyedia untuk proses-to proses yang hanya menambahkan alamat port, check error control dan pengecekan panjang data pada layer sebelumnya.

3. Network Layer
Network layer berfungsi sebagai pengalamatan atau proses penentuan alamat yang akan dituju. Pada network layer data akan dipecah kembali dan dikasih header ip yang akan dituju. Pada proses ini device yang digunakan adalah Router dan Switch layer 3. Berikut ini adalah beberapa Protokolnya:
 
a. IP
IP merupakan kependekan dari (Internet Protokol) merupakan nomor untuk pendefinisian alamat jaringan dan perangkat jaringan.

b. ICMP 
(Internet Control Massage Protokol) merupakan protokol yang digunakan untuk mengirimkan pesan kesalahan apabila terjadi kesalahan.

c. IGMP
Internet Group Management Protokol merupakan protokol yang berfungsi sebagai proses pemberitahuan kepada router tentang keberadaan jaringan multicast.

2. Data Link Layer
Datalink berfungsi sebagai penentuan bagaimana bit bit data dikelompokan menjadi format yang disebut dengan frame. selain itu pada datalink layer terjadi proses flow control dan error controll. pada layer ini juga terjadi penambahan header mac address pengirim dan penerima.

a.PPP
Point to Point protokol merupakan hal umum yang digunakan dalam penghubungan dua node jaringan.
Device yang digunakan adalah switch layer 2, bridge, dll.

1. Physical Layer.
  Berfungsi sebagai mendefinisikan media transmisi jaringan, metode persinyalan, sinkronasi bit, dan pengkabelan. selain itu pada layer ini terjadi pendefinisian NIC (Network Interfacess Card) dapat terhubung dengan media kabel atau gelombang.

E. Hasil Yang Didapatkan

Dapat mengetahui proses pengiriman data dari pengirim mulai dari layer 7 sampai ke layer 1.

F. Temuan Masalah

-

G. Kesimpulan yang Diharapkan

 Semoga ilmu yang saya dapatkan dapat berguna bagi orang orang yang membutuhkan.

H. Referensi Dan Daftar Pustaka.

https://id.wikipedia.org/wiki/Model_OSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Group_Management_Protocol
https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Control_Message_Protocol
https://id.wikipedia.org/wiki/Ekstensi_surat_internet_multiguna
https://www.google.com/search?q=Secure+Socket+Layer

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments