Metode Pengiriman IPv4 || IMAM AGUS SETIONO ||

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan.

Hallo para pembaca bertemu lagi bersama saya Imam Agus Setiono. Gimana kabarnya teman teman? semoga kalian baik baik saja ya. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang Metode Pengiriman IPv4.


1. Pengertian.

Metode Pengiriman data adalah suatu cara bagaimana data akan dikirimkan, contohnya disini ada tiga metode yaitu Unicast, Multicast, dan Broadcast. Untuk lebih jelasnya cermati artikel ini

2. Latar Belakang.

Dipostingan sebelumnya saya telah membahas tentang IPv4. Nah disini saya akan melanjutkan ke pembahasan tentang metode pengiriman IPv4.

3. Maksud dan Tujuan.

Dapat memahami tentang dasar dasar jaringan.
Mengetahui dan dapat membedakan media pengiriman IPv4.


4. Hasil Yang Diharapkan

Dapat mengetahui dan membedakan macam macam metode pengiriman IPv4

B. Alat Dan Bahan

-Laptop
-Charger
-Terminal
-Connection internet

C. Jangka Waktu Pelaksanaan

1 jam

D. Pembahasan

Pada Metode Pengiriman IPv4 terbagi menjadi 3 macam yaitu Unicast,  Multicast, dan Broadcast. Berikut ini adalah penjelasannya :

1. Unicast

Unicast adalah salah satu metode pengiriman data atau proses komunikasi yang dilakukan dengan konsep "poin to poin" atau "one to one". Ini dimaksudkan bahwa sebuah paket data hanya dikirimkan dari sumber langsng ke tujuan. contohnya yaitu : Apabila terdapat 5 komputer dengan hostname A, B, C, D, dan E. Kemudian komputer A dan C sedang melakukan komunkasi atau pengiriman data, maka B, D, E tidak dapat ikut dalam komunikasi antara A,C.

2. Multicast

Multicast adalah salah satu metode pengiriman Ipv4, yang memiliki konsep "one to many" atau "satu ke banyak tujuan" ini dimaksudkan bahwa komunikasi dilakukan satu source ke banyak destination. Pada seperti ini contohya adalah apabila ada 10 orang, dan 7 orang sedang melakukan kegiatan berbincang bincang atau saling bertukar informasi. sedangkan 3 orang lainnya tidak ikut dalam komunikasi tersebut, maka itu yang dinamakan komunikasi multicast.

Multicat berjalan pada protokol yang bekerja seperti "live streaming", Live Tv, Streaming, Radio Online, dsb. Yang dimana multicast tidak bisa "dipause" contohnya jika ada streaming bola dan sudah di pertengahan pertandingan, maka jika ada yang ikut gabung proses multicast tersebut dalam menonton juga ikut dimulai dari pertengahan, bukan dari awal pertandingan dan tidak bisa dipause.

3. Broadcast

Broadcast adalah salah satu metode pengiriman data atau komunikasi pada IPv4 yang memiliki konsep "one to everyone" jadi komunikasi terjadi dari satu sumber ke semua sumber . contoh eplementasinya adalah apabila terdapat seseorang kiai atau ulama yang sedang melakukan ceramah maka semua jamaah akan mendengarkannya. Begitu pula apabila komputer A melakukan broadcast maka semua komputer atau node yang satu jaringan akan menerima paket tersebu.

E. Hasil Yang Didapatkan

mengetahui perbedaan Unicast, Multicast dan Broadcast

F. Temuan Masalah

-

G. Kesimpulan yang Diharapkan

Kesimpulan dari postingan ini yaitu :
Unicaast yaitu metode pengiriman dari satu sumber ke satu penerima.
Multicast yaitu metode pengiriman data dari satu sumber ke beberapa penerima.
Broadcast yaitu metode pengiriman data dari sumber ke grup atau satu jaringan.

H. Referensi Dan Daftar Pustaka.

Workbook CCNA v127.0.0.3

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments