Jenis Jenis Partisi Pada Linux | Imam Agus Setiono

 Asalamualaikum wr.wb
Kerja, Kerja dan kerja. begitulah yang harus kita terapkan dalam hidup kita, selain kerja, kita juga harus rajin membaca. Ya baca! selamat berkunjung di blog saya, kini saya akan membagikan materi tentang jenis jenis partisi pada linux.

A. Judul
 Jenis Jenis Partisi Pada Linux


 B. Pendahuluan

1. Pengertian
 Menurut wikipedia partisi adalah cara bagaimana pemetakan dalam hardisk yang dikelola oleh sistem operasi. Setiap arsitektur komputer (baik itu arsitektur perangkat keras komputer atau perangkat lunaknya) memiliki skema pemetakan masing-masing, yang umumnya disimpan di dalam daftar pemetakan.

2. Latar Belakang
Saat migrasi dari windows, saya masih kesesahan saat memahami partisi di linux 

3. Manfaat dan Tujuan
 Lebih memahami tentang pembagian partisi pada sistem operasi linux.

C. Waktu yang dibutuhkan
 -2 Jam

D. Alat dan Bahan
- Laptop
-Charger
-Terminal

E. Pembahasan
Pada partisi linux terdapat tiga macam yaitu Partisi Primary, Extended, dan Logikal. lantas apa pengertian dari masing masing partisi? yuk baca dibawah ini:


1. Partisi Primary
Partisi primary atau partisi utama adalah partisi utama yang berisi file sistem. dalam sistem ini penggunaanya terbatas, yaitu hanya 4 partisi saja. Apabila hardisk diibaratkan sebuah rumah dan menggunakan sistem partisi primary dan bangunan utamanya adalah kamar, maka rumah itu hanya dapat dibangun kamar sebanyak 4 bangunan.

2. Partisi Extended
partisi extended atau biasa disebut partisi tambahan merupakan partisi yang dapat menampung beberapa partisi logis, dan partisi extended merupakan salah satu jenis partisi utama.

3. Partisi Logikal
Partisi Logikal atau biasa disebut partisi logis adalah partisi yang tidak dapat digunakan untuk proses booting sistem operasi. partisi logis atau partisi logikal berfungsi untuk menyimpan file file atau data pengguna. jumlahnya tidak terbatas artinya didalam suatu hardisk boleh terdapat satu atau lebih partisi logikal.

F. Kesimpulan
Partisi utama digunakan sebagai pada saat proses booting dan berisi file sistem
Partisi extended digunakan untuk partisi tambahan
Partisi Logikal digunakan untuk menyimpan data data pengguna. 

F. Referensi
https://id.wikipedia.org

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments