MAC-Addressing And IP-Addressing

Asalamualaikum wr.wb

Hallo para pembaca bertemu lagi bersama saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan artikel tentang MAC-addressing dan IP-addressing.

A. Pendahuluan

 

1. Pengertian.
Menurut buku Workbook CCNA v127.0.0.3 . Mac adderess adalah sebuah identitas perangkat dalam jaringan ataupun komputer yang berada di port interfaces. Mac adderess ini ada  juga yang menyebutkan dengan Physical Address.

Masih dalam sumber yang sama, IP Address (Internet Protokol) adalah sebuah alamat atau bisa juga identitas sebuah perangkat yang terhubung dengan jaringan.

2. Latar Belakang.
 Sebelum masuk ke dalam sebuah jaringan, alangkah baiknya kita belajar tentang bassic network termasuk Ip dan Mac address.

3. Maksud dan Tujuan.
Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu, Agar saya (penulis) dan pembaca dapat memahami apa itu ip address dan mac address serta bagaimana fungsinya. 

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat membedakan Mac address dan Ip adress serta paham tentang fungsi fungsi dari keduanya.

 B. Alat Dan Bahan
- Laptop
- Charger
- Terminal
- Arus Listrik

C. Jangka Waktu Pelaksanaan
Jangka waktu yang digunakan yaitu 1 jam.

D. Pembahasan

1. Mac-Address
Seperti yang kita ketahui bahawa Mac merupakan kependekan dari (Media Access Control) yang menentukan identitas alamat fisik dari sebuah perangkat jaringan. Ini dimaksudkan bahwa setiap Device atau komputer pada jaringan pasti mempunyai alamat Mac address, Kenapa demikian? karena sebuah device harus mempunyi ciri physyic khusus agar memudahkan dalam proses komunikasi. Contoh Format Mac Address  F4:EC:38:60:3A:26 . Dari mac tersebut terdapat 6 byte atau 48 bit (1 byte adalah 8 bit). Dari mac inilah kita dapat mengetahui device yang kita gunakan dibuat oleh vendor apa dan tipenya apa. ini adalah link untuk mengeceknya disini

2.  IP Address
IP address atau internet protokol yang bekerja pada layer 3 (Network) IP digunakan sebagai identitas suatu alamat yang terhubung didalam sebuah jaringan. Ip memiliki fungsi yang cukup banyak contohnya, untuk berkomunikasi, memberikan identitas, alamat dan sebagainya. IP juga bisa disebut sebagai nomor unik yang dimiliki oleh kompter server, router, hp, modem, dll. Pada saat ini IP memiliki 2 macam yaitu IPv4 dan IPv6, lantas apa yang dimaksud dengan IPv4 dan IPv6.....? IPv4 sendiri IP yang memiliki 4 oktet atau memiliki panjang 32 bit. Contohnya 192.168.20.10. Pada ip tersebut bisa disebut sebagai IPv4 karena terdapat 4 oktet. IPv4 merupakan ip yang masih banyak digunakan oleh pengguna diseluruh dunia. Sedangkan IPv6 merupakan internet protokol generasi baru dari IPv4 yang dikembagkan oleh IETF (Internet Enginerring Task Force) Panjang alamat mencapai 128 bit. 21da:00d3:0000:2f3b:02aa:00ff:fe28:9c5a. Ini adalah contoh IPv6 yang masih jarang digunakan di dunia. IPv6 digunakan apabila IP Public pada IPv4 sudah hampir habis. Pada IPv6 dapat melayani client yang lebih banyak dari IPv4.


E. Hasil Yang Didapatkan
Pada kesempatan ini yang didapatkan yaitu didalam yaitu perbedaan fungsi dari masing masing 

F. Temuan Masalah

-
G. Kesimpulan yang Diharapkan
Saya (penulis) dapat menyipulkan bahwa Mac Address dan Ip address perlu kita ketahui, karena sebelum masuk konfigurasi kita harus betul betul paham tentang materi yang disampaikan.

H. Referensi Dan Daftar Pustaka.

https://id.wikipedia.org
Workbook CCNA v127.0.0.3

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments