Linux Desktop Environment || Imam Agus Setiono ||

Asalamualaikum wr.wb

A.Judul
 Lingkungan Desktop Linux


B. Pendahuluan
Hallo teman teman, kembali lagi di blog saya! kali ini saya akan membagikan artikel tentang lingkungan desktop linux. gimana? penasaran kan? yuk baca sampai tuntas!

1. Pengertian

Pada komputer atau laptop lingkungan desktop (Desktop Environment) umumnya mengacu pada grafik antar muka atau GUI (Graphical User Interfaces) yang menampilkan tampilan grafis modern pada laptop atau komputer. GUI adalah alternatif bagi pengguna yang susah memahami perintah menggunakan sistem CLI (Command Line Interfaces)

2. Latar Belakang
Pada saat menggunakan oprating system linux, terkadang saya bingung desktop apa yang cocok untuk digunakan

3. Maksud dan Tujuan
 Diharapkan agar saya dan pembaca paham mengenai lingkungan desktop linux.

C. Alat dan Bahan
 -Laptop
 -Charger
 -Terminal
 -Koneksi

D. Waktu Yang Dibutuhkan
 1 jam

F. Pembahasan
 Pada desktop linux terdapat 7 macam desktop antara lain :

1. UNITY

Unity adalah tampilan desktop default dari Distro Ubuntu. Dikembangkan oleh Canonical yang didesain khusus untuk ubuntu

2. KDE (K Desktop Environment)

Desktop ini  adalah salah satu desktop yang terkenal dengan memiliki tampilan yang bisa dibliang wah. namun sayangnya harus dibayar mahal dengan borosnya sumber daya yang digunakan.

3.GNOME (Gnu Network Object Model Environmenet)
Desktop GNOME lebih sederhana dari Desktop KDE namun lebih ringan untuk digunakan untuk device yang memiliki spesifikasi lebih rendah. Genome banyak disukai oleh banyak orang karena tampilannya yang tergolong sederhana namun sangat baik untuk multitasking.

 4. XFCE

XFCE (Xfroms cool environmenet) adalah desktop linux berlogo tikus yang dikenal dengan performa yang cepat, sangat irit sumber daya dan mudah digunakan oleh pengguna.

5. LXD
LXDE (Lightweight X11 Desktop Environment) desktop ini sangat cocok digunakan oleh komputer atau laptop tua dengan spesifikasi ram dan cpu dengan kemampuan yang rendah, meskipun demikian desktop ini tetap kaya akan fitur sistem operasi. 

6. Cinamon

Desktop cinamon dikembangkan oleh developer linux mint yang diperuntukan oleh Linux Mint Cinamon.  desktop ini memiliki tampilan yang bagus dan menu aplikasi yang ringan digunakan. Pada tahun 2013 meraih penghargaan sebagai desktop nomor#1 untuk linux environment yang ada di Os linux.

7. Mate
Nama Mate berasal dari nama tumbuhan yang ada di amerika selatan yang bernama yerba mate. tampilan ini lebih ringan dari pada cinamon. mate cocok untuk pengguna yang menginginkan desktopnya yang stabil dan produktif.

G. Kesimpulan
Dari berbagai macam Dekstop Environment, jadi kita tau dan paham desktop mana yang cocok digunakan untuk Linux kita. saya sekarang menggunakan Desktop Cinamon.

H. Referensi
https://www.wikipedia.org/Lingkungan_desktop
E-book Pengenalan Sistem Operasi Linux.pdf

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments