Hari Ketujuh IT Volunteer |SMPN 3 MOJOSONGO|

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo guys.. kembali lagi nih dengan saya Imam Agus Setiono. Pada kesempatan ini saya akan melanjutkan mempublikasikan catatan jurnal dalam kegiatan IT Volunteer di Smpn 3 Mojosongo Boyolali. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 minggu terhitung mulai tanggal 11 sampai tanggal 23 Maret 2019, Dan ini merupakan hari ketujuh saya dalam mengikuti kegiatan ini. Gimana penasaran? Yuk simak bareng bareng.


1. Pengertian
IT Volunteer merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan di suatu tempat untuk membantu memecahkan masalah di bidang IT (Information Technologi) tanpa mengharapkan imbalan sepeserpun.

2. Latar Belakang
Latar belakang kegiatan IT Volunteer ini adalah untuk memecahkan masalah pada bidang IT yang ada di SMP N 3 Mojosongo.

3. Manfaat dan Tujuan
Tujuan kegiatan IT Volunteer ini adalah menjadikan Smp N 3 Mojosongo sebagai sekolah berbasis IT.

4. Hasil Yang Diharapkan
Terbentuknya Smp N 3 Mojosongo sebagai sekolah berbasis IT.

B. Alat dan Bahan
Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari

D. Pembahasan
Pada hari ketujuh tepatnya Hari Minggu tanggal 17 Maret 2019 diadakannya sebuah les atau jam tambahan, dan pesertanya pun diluar dugaan kami dimana pada hari minggu ini pesertanya lebih baik dari pada hari hari sebelumnya. Kegiatan hari ini pemberian edukasi dengan materi inkscape diawali dengan cara memasukan foto ke papan kerja inkscape, mengeblak foto, sampai membuat batik sederhan, Pada siangnya terdapat beberapa anak yang meminta cara membuat Gmail, ya kami harus melayani mereka. Kami jelaskan bagaimana cara membuat email dan sekaligus dipraktikan oleh anak tersebut. Terdapat beberapa masalah yang muncul dari anak anak salah satunya adalah laptop mereka harus diinstali inkscape terlebih dahulu, selain itu ada anak yang lupa tidak membawa laptop sehingga harus mengambil laptop dirumahnya, kegiatan selesai pada pukul 13.00 WIB Setelah semua kegiatan pembelajaran dengan anak anak sudah selesai. Berikut ini adalah dokumentasi kegiatannya:
Dokumentasi edukasi kepada siswa

Kegiatan Brifing bersama Kepala Smpn 3 Mojosongo
E. Temuan Masalah 
Banyak laptop peserta yang belum di instal aplikasi inscape, sehingga agak sedikit terkendala dan waktunya molor.

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulan pada hari ketujuh yaitu, anak anak (Peserta pelatihan) sudah mulai meningkat dari hari hari sebelumnya dan banyak anak anak yang memiliki potensi untuk dikembangkan.

G. Referensi

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments