Konfigurasi DNS Server Debian 8

Assalamualaikum wr.wb


A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang dan salam sejahtera bagi kita semua. Kembali lagi bersama saya Imam Agus Setiono, Pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial melakukan konfigurasi DNS pada server yang kita miliki.

1. Pengertian

Dns atau Domain Name System adalah sebuah server yang berfungsi untuk melayani dan menangani translasi penamaan host-host kedalam ip address ke hostname/domain.

2. Latar Belakang
Dalam dunia internet komputer saling berkomunikasi dengan IP address bukan dengan domainnya. Akan tetapi manusia akan lebih sulit untuk mengingat ip address dan manusia lebih mudah mengingan nama domainnya. Dengan begitu kita tidak usah mengingat ingat nomor ip address suatu alamat, tinggal kita mengingat nama hostnya.

3. Manfaat dan Tujuan

Manfaat yang didapatkan dari dns adalah saat kita melakukan serching di internet kita bisa memasukan nama Domainnya untuk menggantikan nama IP addressnya.

4. Hasil Yang Diharapkan

Dapat melakukan konfigurasi DNS di server.

B. Alat dan Bahan

Pc Server / Laptop

Koneksi Internet / Dvd

C. Waktu pelaksanaan

10 Menit

D. Pembahasan
Oke teman teman langsung saja kita melakukan konfigurasinya. Sebelum melakukan hal tersebut anda harus memastikan ip address di #nano /etc/network/interfaces sesuai dengan ip yang akan kita gunakan. Contohnya disini saya menggunakan IP 192.168.10.2 dengan nama host arctik.id

Berikut ini adalah langkah langkah konfigurasi DNS pada server :

1. Pada tahap pertama kita harus menginstall Aplikasi DNS, yang paling sering digunakan adalah bind9. Masukan perintah berikut :
#apt-get install bind9





Sebenarnya melakukan konfigrasi DNS cukup mudah hanya saja kita dituntut untuk lebih teliti dalam melakukan setiap langkahnya. Jika sudah menginstall bind9, nanti akan otomatis terbuat folder bind yang dimana pada /etc/bind adalah tempat konfigurasi pertama yang harus dilakukan setelah menginstall bind.


2. Jika tadi kita sudah merencanakan alamat ip 192.168.10.2 dengan domain arctik.id pada langkah ini kita harus menentukan nama db.forward dan db.reves, Pada konfigurasi ini saya mencontohkan db.forward adalah db.arctik dan db.reves adalah db.192.

3. Pada langkah ini kita mulai melaukan konfigurasi, kita pindah direktori ke /etc/bind dan kita edit pada menu named.conf.local dengan perintah

#nano named.conf.local
Kemudian tambahkan baris berikut ini dibagian bawah setelah //include "/etc/bind/zones.rfc1918"; :

zone "arctik.id" {
type master ;
file "/etc/bind/db.arctik";
};

zone "10.168.192.in-addr.arpa"{
type master ;
file "/etc/bind/db.192";
};



jika sudah ditambahkan tekan ctrl+x dan tekan y.

4. Langkah selanjutnya adalah melakukan copy beberapa file untuk mempermudah konfigurasi. Lakukan perintah berikut
#cp db.local db.arctik
#cp db.127 db.192


5. Pada langkah ini silahkan edit pada menu db.arctik dengan perintah #nano db.arctik
Yang perlu diperhatikan adalah ganti localhost pada konfigurasi default dengan domain yang akan kita isikan, disini saya menggunakan arctik.id selanjutnya nomor ip 127.0.0.1 ganti dengan 192.168.10.2. Jika sudah tekan ctrl+x dan tekan y.

6. Langkah selanjutnya adalah mengedit pada db.192 dengan perintah #nano db.192  

Pada konfigurasi ini tidak jauh berbeda dengan konfig sebelumnya hanya saja kita harus merubah host yang kita gunakan, saya menggunakan ip 192.168.10.2 jadi hostnya adalah 2. Jika kurang jelas bisa dilihat di foto tersebut.

*jika konfigurasi sudah selesai sampai tahap ini, lakukan restart bind9 dengan perintah :
#service bind9 restart
atau 
#/etc/init.d/bind9 restart 
Pastikan tidak ada yang error

7. Pada langkah selanjutnya adalah melakukan konfigurasi pada /etc/resolv.conf dengan perintah #nano /etc/resolv.conf perhatikan gambar dibawah ini.

anda dapat menguji konfigurasi pada /etc/resolv.conf sudah benar atau belum dengan perintah #cat /etc/resolv.conf dan pastikan tampilan seperti ini

Sampai sini konfigurasi sudah selesai tinggal kita lakukan percobaan atau testing pada konfigurasi yang kita masukan tadi, lakukan perintah
#nslookup arctik.id
#nslookup 192.168.10.2
pastikan hasilnya seperti ini

Untuk verifikasi atau pengujian lebih lanjut anda dapat melakukannya pada komputer client dengan syarat harus sudah terhubung atau bisa saling ping. pada laptop / client perlu melakukan konfigurasi pada /etc/resolve.conf

yang perlu diubah adalah, jika aturan default hanya terdapat satu nameserver dengan alamat 127.0.0.53. Anda perlu menambahkan nameserver 192.168.10.2. kemudian lakukan restart pada network anda dengan perintah
#service networking restart
atau
#/etc/init.d/networking restart
Jika sudah buka web browser dan ketikan domain "arctik.id" dan tampilannya akan seperti ini

E. Temuan Masalah
 -

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulannya kita bisa melakukan konfigurasi dns, dimana dns ini merupakan sebuah layanan untuk mentranslitekan alamat ip address menjadi alamat host.

G. Referensi

Buku Konfigurasi Debian Server_ver_BLC-Telkom.pdf by (mas aji kamaludin)

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments