Konfigurasi Dasar Routing OSPF

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara konfigurasi dasar routing OSPF. Untuk yang masih belum paham routing ospf bisa membaca dulu postingan saya sebelumnya (klik disini)

1. Pengertian
Open Shortest Path First (OSPF) adalah sebuah protokol routing dinamis (Dynamic Routing) yang mampu menjaga,mengatur, dan mendistribusikan informasi routing antar network mengikuti setiap perubahan secara dinamis.

2. Latar Belakang
Pada dunia routing, Ospf begitu terkenal dengan beberapa service yang dapat menghandel network dalam skala yang besar.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaat yang didapatkan jika kita melakukan konfigurasi ini adalah, kita menjadi semakin paham mengenai routing ospf.

4. Hasil Yang Diharapkan
Bisa melakukan konfigurasi dasar Ospf.

B. Alat dan Bahan

Laptop
Charger
Terminal
Koneksi Internet
2 buah RouterBoard Mikrotik
software winbox
kabel Utp

C. Waktu pelaksanaan
10-15 Menit

D. Pembahasan
Pada kali ini saya akan melakukan konfigurasi dengan topologi berikut ini :

1. Langkah pertama jika akan membuat suatu konfigurasi maka pastikan terlebih dahulu bagaimana topologinya, jika sudan hubungkan laptop / Pc dengan router. kemudian langsung masuk ke konfigurasinya.

2. kemudian kita masuk ke winbox dan masukan ip addresss di menu ip> adresss> add(+)> apply> ok

Router imam

Router Mahfud

3. Jika dikedua router sudah dipasang ip address sesuai yang direncanakan di topologi. langkah selanjutnya adalah masuk ke menu routing kemudian pilih OSPF => Network => Add(+) kemudian masukan network yang ada pada router tersebut. (network yang menuju masing masing router A dan B serta network yang terhubung ke laptop) jika sudah klik Apply=>Ok

Router Imam
Router Mahfud

4. Kemudian buka menu Interfaces pada OSPF dan lihat apakah routing yang kami masukan sudah berjalan atau belum, jika sudah akan muncul tanda D (Dynamic).

Router Imam
Router Mahfud
Jika dilihat di kedua router maka kedua duanya siap untuk digunakan.

5. Kemudian lakukan dhcp server di ether yang menuju ke laptop. Lakukan di menu IP=>DHCP Server=>DHCP Setup. Lakukan dikedua router.

 

6. Untuk melihat Routing OSPF sudah berjalan atau belum bisa dilihat di IP=>Routes. apabila ada status DAo (Dynamic Active ospf) ini menunjukan bahwa router sudah terkonfigurasi Ospf.

Router Imam

Router Mahfud

7. langkah selanjutnya kita menatur settingan network kita, yang awalnya manual ganti menggunakan settingan DHCP dikarenakan laptop akan mendapatkan ip dari Router yang tadi kita buat. jika sudah lakukan ifconfig

Router imam

Router Mahfud

8. Untuk lebih memastikan konfigurasi berjalan dengan normal atau tidak bisa gunakan Ping untuk melihat konektifitas di kedua link tersebut.

Router Imam
Ping dari Laptop Imam menuju Laptop Mahfud

Router Mahfud
Ping dari Laptop Mahfud menuju Laptop Imam


E. Temuan Masalah
 -

F. Kesimpulan dan Harapan
Kesimpulannya adalah Ospf merupakan salah satu routing dynamic yang kompatibel jika melayani network network dengan skala besar.

G. Referensi
http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=154
http://rifanblc.blogspot.com/2018/03/konfigurasi-routing-ospf-pada-perangkat.html 

Wasalamualaikum wr.wb


Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments