Cara Menembah Wifi Menggnakan Mikrotik

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Hallo teman teman, selamat datang kembali di blog saya, oiya tak lupa saya ucapkan terima kasih karena telah mengunjungi blog saya untuk melihat keseharian saya di BLC Telkom Klaten. Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara menembak wifi menggunakan mikrotik.

1. Pengertian
Wifi atau kepanjangannya Wireless Fidelity adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer.

2. Latar Belakang
Jadi apabila kita sedang berada di sebuah tempat fasilitas umum dan terdapat jaringan wifi yang tidak disandi maka langsung saja kita tembak untuk mendapatkan konektiitas yang jauh lebih stabil.

3. Manfaat dan Tujuan
Manfaatnya jika kita menebak wifi adalah kita akan mendapatkan konektifitas yang jauh lebih stabil.

4. Hasil Yang Diharapkan
Dapat melakukan konfigurasi dan mendapatkan koneksi yang lebih

B. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Charger
  • Terminal
  • Koneksi Internet
  • Mikrotik RouterBoard yang memiliki fungsi wlan.

C. Waktu pelaksanaan
15 Menit

D. Pembahasan

Langsung saja kita praktek konfigurasinya.

1. Lagkah pertama seperti biasa login ke winbox kemudian lakukan seting dasar seperti mengganti identitas router dan ganti username password router, karena secara default mikrotik menggunakan user admin dan password (kosong).

Kemudian amankan router dengan mengganti identity dan mengganti username dan pasword serta matikan service yang tidak digunakan di menu ip=>services

2. Jika sudah langkah selanjutnya masuk ke menu Wireless =>Security Profiles dan masukan password wifi yang akan kita tembak, kemudian klik apply ok
 3. Langkah selanjutnya adalah melakukan scaning pada menu wirelles=>wifi-interfaces. Kemudian ganti Security Profile default menjadi security profile yang tadi kita buat. Lakukan scan untuk mencari wifi yang akan kita tembak.

4. Jika langkah diatas sudah berhasil, seharusnya wlan1 sudah running, seperti parameter berikut ini
5. Kita sudah konek dengan wifi yang kita tembak tetapi kita belum mendapatkan ip, untuk mendapatkannya bisa kita lakukan di IP=>DHCP Client





Pastikan mendapat status Bound yang artinya router kita sudah mendapatkan koneksi, bisa kita coba ping ke google sebagai berikut
6. Selanjutnya kita perlu mengatur ip address yang terpasang menuju laptop kita atau client dan jangan lupa sesuaikan juga di laptop kita.

7. Meskipun dari router sudah mendapatkan koneksi, pada laptop kita belum mendapatkan koneksi kita harus mengatur DNS dan Firewall terlebih dahulu. Mengatur DNS bisa dilakukan di menu IP=>DNS
Pada DNS ini menggunakan DNS Nawala
Jangan lupa ceklis "allow remote request" ini berfungsi agar si laptop atau si client tidak memasukan dns secara manual.

8. Selanjutnya kita melakukan konigurasi firewall, dilakukan pada IP=>Firewall
Konfigurasi di menu general firewall
tidak hanya sampai disitu, kita juga perlu mengganti action menjadi masqurade

Konfigurasi di menu Action firewall
Jika semua sudah dikonfigurasikan, saatnya kita melakukan pengujian dengan melakukan browsing di internet.
Wow, ternyata work !!!! yee berhasill


E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Jadi kesimpulannya kita dapat melakukan konfigurasi menembak wifi yang dapat dimanfaatkan sebagai penguatan koneksi dan dapat disebarkan kembali.

G. Referensi
 E-book Mikrotik

Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments