Crimping Kabel UTP || Imam Agus Setiono ||

Asalamualaikum wr.wb

A. Pendahuluan.

1. Pengertian.

crimping adalah proses penggabungan antara kabel dengan connector. hal ini biasa dilakukan untuk penyambungan kabel UTP/STP dengan connector RJ-45 yang digunakan pada jaringan komputer. 

2. Latar Belakang.

Diibaratkan kita akan membangun sebuah rumah maka kita akan membuat pondasinya terlebih dahulu, begitu juga analogi langkah yang saya terapkan yaitu belajar dari hal hal kecil dahulu.

3. Maksud dan Tujuan.

Untuk memperluas tentang Kabel dan connector.

4. Hasil Yang Diharapkan.

Dapat melakukan Crimping kabel dengan baik dan benar.

B. Alat Dan Bahan

-Laptop
-Charger
-Terminal
-Connection internet
-Tang Crimping
-Kabel Utp
-Kabel Tester

C. Jangka Waktu Pelaksanaan.

-2 jam

D. Pembahasan.

Pada kali ini saya akan membagikan hasil praktik saya mengenai Crimping kabel. untuk kabel yang saya gunakan adalah kabel UTP sedangkan konektornya adalah konektor RJ-45. Kali ini saya praktek crimping kabel straight, susunan warna untuk kabel straight adalah sebagai berikut :

Setelah mengetahui susunan warnanya, kemudian langkah pertama adalah mengupas kabel dan mengurutkannya
setelah itu masukan kabel ke konektor dan pastikan semua masuk sesuai uruntanya
kemudian langkah yang harus dilakukan yaitu crimping konektor menggunakan tang crimping dan pastikan kabel bisa digunakan.
Berikut ini adalah dokumentasi saat kegiatan :


E. Hasil Yang Didapatkan

Dapat melskukan crimping kabel

F. Kesimpulan yang Diharapkan

semoga artikel artikel yang pernah saya tulis dapat bermanfaat bagi yang lain khususnya yang telah rutin mengunjungi blog saya. 

G. Referensi Dan Daftar Pustaka.

https://id.wikipedia.org

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments