Monitoring dan Mengkaji Ulang Kegiatan Prakerin

Asalamualaikum wr.wb
A. Pendahuluan
Selamat datang dan salam sejahtera bagi kita semua. Kembali lagi bersama saya Imam Agus Setiono, sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada para pembaca yang sudah mengunjungi blog saya. Pada kesempatan ini saya akan membagikan pengalaman saya saat melakukan Evaluasi pada hari Sabtu tanggal 4 Mei 2019.


1. Pengertian
Monitoring atau monitor adalah orang atau alat yang melakukan pemantauan terhadap sesuatu yang seharusnya dikontrol seperti contohnya memonitoring sistem komputer, monitoring atasan terhadap anak buah atau bawahan juga termasuk monitoring anak PKL.

2. Latar Belakang
Dikarenakan tugas dan kewajiban guru untuk selalu mengawasi anak didikny

3. Manfaat dan Tujuan
Terjadinya hubungan serta komunikasi yang baik antara anak pkl dan pembimbing.

4. Hasil Yang Diharapkan
Sinkronisasi Dunia Pendidikan dengan Dunia Industri

B. Alat dan Bahan
-

C. Waktu pelaksanaan
1 Hari (Tanggal 4 Mei 2019)

D. Pembahasan
Oke teman teman pada hari ini tepatnya hari sabtu tanggal 4 Mei 2019 saya dan teman teman dari purbalingga mendapatkan kunjungan pemantauan atau monitoring dari pembimbing prakerin sekolah jurusan RPl yaitu Bapak Dedy Suwito. Selain itu saya dan teman teman dari semua sekolah dipanggil ke BLC 1 untuk menemui mbah suro dan mas rojes.

Jadi ceritanya gini teman teman, pada hari tersebut setelah kami selesai melaksanakan apel pagi di halaman BLC Telkom semua anak anak magang dipanggil per sekolahan untuk menuju ke ruang BLC 1. Sekolah yang pertama kali maju kedepan adalah SMKN 1 Kasreman Ngawi - Jawa Timur sedangkan yang lain masih di BLC 2, saat di BLC 2 saya dan teman teman merasa sedikit agak takut karena baru kali ini dipangil per sekolahan, ditambah lagi anak anak kasreman tidak ujung keluar setelah kurang lebih 2 jam di ruangan BLC 1. Tak lama berselang ternyata pembimbing dari SMKN 1 Purbalingga (sekolah saya) melakukan monitoring, yang seharusnya dilakukan pada minggu sebelumnya (tapi dikarenakan guru yang bersangkutan sibuk jadi harus menunda sampai 2 kali dan yang ketiga kalinya baru datang untuk monitoring) kebetulan yang melakukan monitoring adalah pembimbing jurusan RPL. Kemudian saya dan teman teman dari purbalingga maju ke BLC 1, dan melakukan dialog dengan pembimbing kami, dan salah satu pertanyaan yang saya ajukan adalah "apa yang sekolah harapkan ketika kami kembali ke sekolah" dan point yang saya dapatkan dari jawaban Pak Dedy adalah saya dan teman teman kembali ke sekolah dengan keadaan sehat dan dapat melaksanakan kegiatan sekolah seperti biasa, tidak hanya itu saya dan teman teman juga harus memberikan contoh kepada murid yang lain, memiliki sikap profesional, mandiri, serta dapat membagikan pengalaman dan ilmu yang sudah didapat dari industri untuk di bagikan kepada teman teman. Kemudian Pak Dedy juga memberikan nasihat kepada kami terkait kegiatan yang akan dilaksanakan kedepannya di BLC Telkom Klaten. Setelah ngobrol dengan pembimbing saya dan teman teman dari Purbalingga dipersilahkan untuk ngobrol dengan mas rojes dan mbah suro, saat kami baru saja ngobrol dengan mbah dan mas rojes Pak Dedi ijin meninggalkan BLC setelah meminta tanda tangan dari mbah suro. Kemudian Pak Dedy pulang (Kalo menurut saya si seharusnya Pembimbing dari sekolah melakukan diskusi terlebih dahulu dengan Pembina Instansi dan siswa magang, agar terciptanya sinkronisasi antara dunia industri dan dunia sekolah terkait dengan kegiatan PKL atau Prakerin)

Saat bersama mas rojes dan mbah suro, saya dan teman teman diinterview serta diberikan beberapa pertanyaan terkait kegiatan kami selama 4 bulan di BLC Telkom Klaten. Tidak hanya itu kami juga dijelaskan arti PKL atau Prakerin yang benar, hal ini sangat bersangkutan dengan kegiatan kami selama prakerin yaitu kami sulit melakukan komunikasi dengan pembimbing, itu karena kurang keterbukaannya sikap anak pkl terhadap pembimbing instansi. Pada akhir pembicaraan kami (Siswa Smkn 1 Purbalinnga) membuat komitmen dan kesepakatan untuk meperbaiki komunikasi dengan pembina instansi serta akan selalu melaporkan kegiatannya secara teratur.

E. Temuan Masalah
 -
F. Kesimpulan dan Harapan
Pada kesimpulan yang saya dapatkan dari dialog tersebut adalah jika kita bekerja di suatu instansi atau perusahaan maka kita harus selalu melakukan kordinasi terkait tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan.

G. Referensi
Mas Rojes, Mbah Suro, Pembimbing Sekolah (Pak Dedy)


Wasalamualaikum wr.wb

Nemo enim ipsam voluptatem quia voluptas sit aspernatur aut odit aut fugit, sed quia consequuntur magni dolores eos qui ratione voluptatem sequi nesciunt.

Disqus Comments